Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR PADA MATERI SISTEM OPERASI KOMPUTER

IFAN, RAMADAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR PADA MATERI SISTEM OPERASI KOMPUTER. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (672kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (489kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB)

Abstract

Selama ini pembelajaran teknologi informasi komputer dengan materi sistem operasi komputer kelas X di SMAN 09 Pontianak belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada
pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sugiyono (2009:297) menyampaikan bahwa Research and Development adalah metode penelitian yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan metode tersebut. Sementara dalam bidang pendidikan Branch (2009:17) mengembangkan produk yang berupa desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMAN 09 Pontianak dengan melibatkan 10 responden pada bulan Juni 2022 untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android ini. Data yang dikumpulkan melalui metode
angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran teknologi informasi komputer telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,51% dengan kategori “Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,29% dengan kategori “Layak”. Adapun hasil uji kelayakan oleh siwa
adalah 82,72% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis

Kata Kunci: Media pembelajaran, Android, Kelayakan, Sistem operasi komputer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:25
Last Modified: 06 Sep 2022 06:25
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item
View Item