Search for collections on digilib

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X SMK AL-FALAH KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA

NETI, NETI (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X SMK AL-FALAH KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (319kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (688kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan
informasi secara objektif mengenai pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Variabel dalam penelitian ini adalah yaitu, variabel bebas minat belajar dan fasilitas belajar sedangkan untuk variabel terikat yaitu hasil belajar siswa diambil dari nilai rapot semester genap tahun ajaran 2021/2022.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasual komparatif (causal comprative study) yang disebut juga penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Falah Teluk Pakedai. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu Teknik Komunikasi Langsung, Teknik Komunikasi tak Langsung dan Teknik Studi Dokumenter, dengan alat pengumpulan datanya adalah angket dan nilai rapot semester genap. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Minat belajar siswa berdasarkan hasil analisis deskriptif dikategorikan tinggi dengan perolehan 75% dengan jumlah siswa 30, fasilitas belajar dikategorikan tinggi dengan perolehan 53% dengan jumkah siswa 21, dan hasil belajar siswa dikategorikan rendah yaitu 58% dengan jumlah siswa 23 dikarenakan fasilitas belajar terkesan tidak memenuhi penunjang kegiatan proses belajar-mengajar pada mata pelajaran Komputer Dan
Jaringan Dasar di kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. (2) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan
Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (26,851) > ttabel (1,687). Adapun persamaan regresinya yaitu Y = 75,334 + 0,022 X1. (3) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (28,025) > ttabel (1,687). Adapun persamaan regresinya yaitu Y = 71,615 + 0,092 X1.(4)
Terdapat pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar kelas X SMK Al-Falah Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Hal ini dibuktikan dengan nilai
thitung (22,787) > ttabel (1,687). Adapun persamaan regresinya yaitu Y = 72,011 + 0,096 X1 + 0,008 X2.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan fasilitas belajar mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK Al-Falah Teluk Pakedai. Saran dalam penelitian ini adalah dengan ditemukan adanya pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, diharapkan guru dan pihak sekolah dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran yang
lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:14
Last Modified: 01 Sep 2022 05:14
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item
View Item