Search for collections on digilib

PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK

URAY, ANDRIANI (2022) PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (150kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Masalah umum yang ada dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Guru PPKn Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak?”. Adapun sub fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, (2) Apa saja faktor penyebab terjadinya perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak,(3) Hambatan apa saja yang dialami oleh guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak.
Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, faktor penyebab terjadinya perilaku negatif, dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami oleh guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan bentuk penelitian deskriptif, kemudian subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru PPKn, Guru BK, Guru Bahasa Inggris, dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara langsung, teknik observasi langsung, dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik dalam
menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: Peran Guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai komunikator, peran sebagai model dan agen moral. Mengenai faktor penyebab terjadinya perilaku negatif siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal, kemudian hambatan yang dialami guru dalam menanggulangi perilaku negatif siswa yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai akibat kenakalan yang dilakukan, pergaulan peserta didik dengan teman yang nakal dan kurangnya pengawasan serta perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:14
Last Modified: 01 Sep 2022 05:14
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item
View Item