URAY, ANDRIANI (2022) PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (150kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (272kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (198kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB)
Abstract
Masalah umum yang ada dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Guru PPKn Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak?”. Adapun sub fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, (2) Apa saja faktor penyebab terjadinya perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak,(3) Hambatan apa saja yang dialami oleh guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak.
Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak, faktor penyebab terjadinya perilaku negatif, dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami oleh guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan bentuk penelitian deskriptif, kemudian subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru PPKn, Guru BK, Guru Bahasa Inggris, dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara langsung, teknik observasi langsung, dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik dalam
menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: Peran Guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai komunikator, peran sebagai model dan agen moral. Mengenai faktor penyebab terjadinya perilaku negatif siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal, kemudian hambatan yang dialami guru dalam menanggulangi perilaku negatif siswa yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai akibat kenakalan yang dilakukan, pergaulan peserta didik dengan teman yang nakal dan kurangnya pengawasan serta perhatian orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 05:14 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 05:14 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1206 |