Search for collections on digilib

ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN HOTS (Higher Order Thinking Skills)

RAFIKA, RAFIKA (2022) ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN HOTS (Higher Order Thinking Skills). Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penenlitian HOTS (Higher Order Thinkig Skills)” adapun tujuan dari penelitianin ini yaitu 1) Mengetahui jumlah artikel penelitian HOTS (Higher Order Thinking Skills)
dalam pembelajaran fisika dari tahun 2016 – 2021. 2) Mengetahui peta perkembangan pada pencarian penelitian HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran fisika di Indonesia pada kurun waktu 2016-2021. 3) Mendapatkan rekomendasi peluang penelitian dimasa mendatang yang berkaitan dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran fisika.
Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif deskripsif dengan bentuk analisis bibliometrik. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggambarkan arah atau proses pengembangan penelitian menurut kenampakan objek penelitian yang digunakan. Sedangkan Analisis bibliometrik adalah analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi perkembangan di bidang
tertentu. Dengan berfokus pada tren atau topik penelitian yang tidak memiliki arah atau tingkat perkembangan yang jelas. Analisis bibliometrik menggunakan referensi produktivitas, topik penelitian, penulis, institusi dan negara-negara terkemuka sebagai bahan analisis. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu Publish or Perish dan VOSViewer.
Alasan peneliti menggunakan bentuk analisis bibliometrik yaitu 1) untuk melihat hasil penelitian yang menunjukan bahwa jumlah artikel penelitian Higher Order Thinking Skills pada pembelajaran fisika dari tahun 2016-2021 yang terindeks dari data Google Scholar mengalami kenaikan tertingi pada tahun 2017 mencapai 22 atau 22 % publikasi. Serta dengan menggunakan bantuan google scholar peneliti dapat melihat lembaga yang paling sering mempublikasi penelitian dalam bidang Higher Order thinking Skills yaitu Repository LPPM
Universitas Lampung dan Publikasi nasional terbanyak di publikasikan oleh Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Bairuni. 2) Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan menggunakan perangkat lunak VOSViewer dengan tampilan Network Visualization ditarik kesimpulan bahwa pemetaan publikasi membentuk 8 clusters dengan 15 items pada pemetaan, 3 clusters diantaranya merupakan kata kunci
yang sering muncul. Adapun 3 kata kunci tersebut yaitu: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran fisika dan SMA. 3) berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak VOSViewer dengan tampilan
Overlay Visualization dapat dilihat bahwa rekomendasi peluang penelitian dimasa mendatang dalam bidang HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran fisika yaitu pengaruh model rm, inquiry learning dan mind
mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:55
Last Modified: 26 Aug 2022 08:55
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item