MEILANI, MEILANI (2022) PENGEMBANGAN E-COMIC BERKARAKTER TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (154kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (251kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (323kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, hasil belajar siswa pada uji coba, dan respon siswa terhadap media e-comic berkarakter terhadap pemahaman matematis siswa. Rancangan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evalution (Evaluasi). Dua subjek dalam penelitian ini adalah mereka yang terlibat dalam pengujian produk dan mereka yang terlibat dalam pengembangan produk. Ada 27 siswa kelas VIIA SMP Negeri 10 Sungai Kakap yang mengikuti penelitian ini sebagai subjek tes. Lembar validasi, soal tes, dan angket respon guru dan siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian validasi materi e-comic dan media e-comic memperoleh hasil rata-rata yaitu 85,45% dengan kriteria valid. Yang kedua dilihat dari hasil angket respon guru dan siswa diperoleh hasil rata-rata 96,11% dengan kriteria sangat praktis. Selain itu, keefektifan e-comic diukur hasil post test dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dari 27 diperoleh hasil diterima dengan kategori efektif.
Keywords: Research and Development (R&D), E-comic, Pemahaman Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1070 |