Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN E-COMIC BERKARAKTER TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI KAKAP

MEILANI, MEILANI (2022) PENGEMBANGAN E-COMIC BERKARAKTER TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, hasil belajar siswa pada uji coba, dan respon siswa terhadap media e-comic berkarakter terhadap pemahaman matematis siswa. Rancangan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evalution (Evaluasi). Dua subjek dalam penelitian ini adalah mereka yang terlibat dalam pengujian produk dan mereka yang terlibat dalam pengembangan produk. Ada 27 siswa kelas VIIA SMP Negeri 10 Sungai Kakap yang mengikuti penelitian ini sebagai subjek tes. Lembar validasi, soal tes, dan angket respon guru dan siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian validasi materi e-comic dan media e-comic memperoleh hasil rata-rata yaitu 85,45% dengan kriteria valid. Yang kedua dilihat dari hasil angket respon guru dan siswa diperoleh hasil rata-rata 96,11% dengan kriteria sangat praktis. Selain itu, keefektifan e-comic diukur hasil post test dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dari 27 diperoleh hasil diterima dengan kategori efektif.

Keywords: Research and Development (R&D), E-comic, Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:12
Last Modified: 22 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item
View Item