SARY, JULISMA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![Abstrak.pdf [thumbnail of Abstrak.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (277kB)
![BAB l.pdf [thumbnail of BAB l.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB l.pdf - Published Version
Download (175kB)
![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (420kB)
![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (289kB)
![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (352kB)
![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB)
![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB)
Abstract
Peneliti ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangan bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal pada materi gaya dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar tersebut. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D atau Four-D merupakan singkatan dari define, design,development, and disseminate. Namun pada penelitian ini dimana model 4-D dimodifikasi menjadi 3-D tanpa melalui tahap akhir yaitu penyebaran. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan media yang valid yang terdapat pada langkah ketiga yaitu pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan alat pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Ada pun validatornya yaitu validator menurut ahli materi 2 orang dan ahli media 2 orang. Instrumen yang digunakan berupakan skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar yang menggunakan skala likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist. sBerdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal berdasarkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 79% dengan kriteria layak, sedangkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 77% dengan kriteria layak.
Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Fisika, Gaya, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 09:08 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 09:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1047 |