BERI, JURAILI (2022) SEJARAH BERDIRI DAN PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KUBU RAYA TAHUN 1977-2020. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (183kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (313kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (427kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (291kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul : Sejarah Berdiri dan Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya Tahun 1977-2020. Berdirinya pondok pesantren pada tahun 1977 di Kabupaten KuBU Raya, Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengertian pondok pesantren, (2) bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya Tahun 1977, (3) bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya Tahun 1977-2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan sumber yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder baik yang tertulis maupun lisan.
Adapun hasil penelitian ini adalah Kata Pesantren lebih dikenal dengan sebutan pondok, istilah pondok berasal dari kata Arab yaitu funduq yang berarti ruang tempat tidur, wisma atau hotel sederhana. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa pesantren mengandung makna ke-Islaman sekaligus keaslian (indigenous) Indonesia. Unsur-unsur pesantren yang terdiri dari kyai sebagai tauladan bagai para santri, santri sebagai pengejawentahan yang haus akan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang yang memimpin sebuah pondok pesantren. Masjid dalam tradisi islam tidak bisa dipisahkan dari proses pendidikan sejak masa Nabi Muhammad Saw menyeberkan Agama Islam hingga sekarang masjid tetap menjadi tempat diselenggarakannya pendidikannya pendidikan keagamaan. Pondok adalah tempat tinggal bersama atau (asrama) para santri yang merupakan ciri khas pomdok pesantren yang membedakan dari model pendidikan lainnya. Pengajaran kitab-kitab klasik untuk masa yang cukup lama, pengajaran kitab-kitab islam klasik menandai pendidikan pesantren pada umumnya. Sejarah berdirinya pondok pessantren darul ulum pada tahun 1977, yang latar belakangi upaya untuk menciptakan masyarakat madani yang beriman, bertaqwa, berilmu, cerdas, dan berakhlakul karimah di Kabupaten kubu raya. Pondok pesantren darul ulum menjadi salah satu pusat dakwah di Kalimantan Barat, pondok pesantren ini berdiri atas dua prinsip yaitu Habluminallah yang berarti hubungan antara manusia dengan Allah dan prinsip Habluminannas yang berarti hubungan antara manusia. Sebagai lembaga pendidikan yang efektif yang mampu menghadirkan lulusannya yang sesuai
dengan kebutuhan masyarakat.
Perkembangan pondok pesantren darul ulum dari segi pendidikan diantaranya TK, MI, MTs, MAS kelas Bilingual dan Non Bilingual, Madrasah Diniyah Salafiyah, SMK (dalam proses) dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Ulum (STITDAR). Perkembangan pondok pesantren darul ulum ditengah masyarakat berhasil membekali lulusannya menjadi ahli dalam bidang ilmu agama khususnya agama islam itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 08:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 08:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/998 |