Search for collections on digilib

ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUALA MANDOR B

NIA, ELVANITHA (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KUALA MANDOR B. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (260kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pembelajaran Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B”. Dengan permasalahan umum adalah “Bagaimana pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B?” dan sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis teks surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran penulisan surat dinas siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B? 3) Apa saja faktor penghambat dalam pembelajaran menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B? 4) Bagaimana Kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4
Kuala Mandor B?
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII Sekolah Mengengah Pertama Negeri 4 Kuala Mandor B. Secara khusus, Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Perencanaan pembelajaran menulis teks surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B. 2) Pelaksanaan pembelajaran penulisan surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B. 3) Faktor penghambat dalam pembelajaran menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah “Menulis surat dinas”. Dengan aspek-aspek sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran menulis surat dinas. 2) Pelaksanaan pembelajaran menulis surat
dinas. 3) Faktor Penghambat dalam pembelajaran menulis surat dinas. 4) Kemampuan Menulis dalam pembelajaran menulis surat dinas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini menuturkan dan menafsirkan data yang berkembang dengan fakta, keadaan, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan dengan apa adanya. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perumusan tujuan pembelajaran khusus sudah tepat dengan menggunakan kata-kata memotivasi siswa teknik bertanya sudah tepat. Pengguaan metode Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan dan persentasi yang diberikan sudah tepat. Bentuk evaluasi
yang dipergunakan guru adalah bentuk tertulis yang berupa esai (uraian), yaitu menentukan langkah-langkah menulis surat dinas dan menuliskan surat dinas berbagai keperluan.
Simpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Mandor B tahun ajaran 2018, bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia sudah cukup baik. Peneliti memberi saran agar guru dapat mempertahankan hal-hal positif yang telah dilakukan dan berupaya memperbaiki hal-hal yang masih kurang serta berupaya meningkatkan pengajaran berikutnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang Dipublikasikan melalui jalur pendidikan. Adapun berbagai kesimpulan yang didapat meliputi: 1)Proses perencanaan pembelajaran sangat penting, dengan adanya perencanaan pembelajaran tujuannya pembelajaran menjadi jelas dan terarah. Namun, dalam penulisan perumusan silabus pada bagian sumber belajar perlu ditambahkan. 2) Pada pelaksanaan pembelajaran sebaiknya guru memberikan contoh surat dinas
yang sesuai dengan yang akan dibahas. Sehingga siswa dapat lebih memahami dan dapat membedakan bentuk dan ciri surat dinas itu sendiri bagaimana. 3) Faktor penghambat yang terdapat dalam penelitian ini adalah bahasa Indonesia
yang digunakan mirip dengan bahasa ibu dalam daerah tersebut. tetapi malah membuat siswa bingung karena ada kosa kata yang lain artinya dan juga siswa gunakan di dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat siswa binggung di
dalam pelajaran bahasa Indonesia, budaya menulis disini kurang yang ada hanya budaya lisan yang merupakan hambatan bagi guru dalam mengajar bahasa Indonesia terutama menulis surat dinas, Siswa ruang lingkupnya tidak terbiasa dalam suasana formal atau resmi sehingga kesulitan menulis surat dinas tersebut. 4) Pada kemampuan hasil menulis surat dinas siswa sudah baik, meskipun ada beberapa siswa yang belum bisa menulis surat dinas dengan tepat. Namun, separuh dari 35 siswa telah dapat menulis surat dinas dengan baik sesuai dengan format penulisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:39
Last Modified: 09 Aug 2022 04:39
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item
View Item