Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN FLASH FLIPBOOK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

BELIA, ANDARA (2022) PENGEMBANGAN FLASH FLIPBOOK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran Flash Flipbook untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap dengan jumlah 13 orang siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan angket respon siswa, dan soal kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian validasi Flash Flipbook yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 90,93% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 90,12% dalam kriteria sangat valid
dengan kategori sangat baik. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 94,60% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya, keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dari 13 oarang dengan persentase 84,62% dengan kriteria efektif.

Kata Kunci: Flash Flipbook ; Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun RuangSisi Data

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:37
Last Modified: 09 Aug 2022 04:37
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item
View Item