NOVARIDA, NOVARIDA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-BAISUNNY KOTA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (776kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (138kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (697kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (52kB)
BAB IV-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (65kB)
DAFTARA PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (15kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagamana Metode Pembelajaran IPS di SMP Islam Al-Baisunny Pada Masa Pandemi
Covid-19 2) Apa Hambatan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak. 3) Bagaimana Upaya Guru IPS Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al�Baisunny Kota Pontianak Pada Masa Pandemi Covid-19.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru mata pe;ajaran IPS dan Siswa Kelas VIII Sekolah Menengan Pertama Islam Al-Baisunny Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, Komunikasi langsung dan studi dokumenter. Validasi data yang menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis data interaktif yang teridiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Metode pembelajaran mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak belum mampu berdaptasi dengan situasi pandemi covid-19 baik melalui model pembelajaran daring maupun luring. 2) Kesulitan siswa VIII pada pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak belum mampu mengikuti metode pembelajaran yang diterapkan, tidak punya fasilitas/sarana prasarana yang memadai, belum memiliki sumber belajar yang standar, siswa belum mampu
memahami perintah tugas dan informasi dari guru dengan baik, tidak semua siswa dapat mengakses internet dengan baik dan lancar, serta komunikasi dan informasi antara guru dengan siswa atau sebaliknya terhambat atau kurang lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:58 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:58 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/965 |