Search for collections on digilib

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KUMPULAN LEGENDA POHON KEDONDONG RAKSASA CERITA RAKYAT KABUPATEN KETAPANG (KAJIAN DIDAKTIS)

SRI, MULYANI (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KUMPULAN LEGENDA POHON KEDONDONG RAKSASA CERITA RAKYAT KABUPATEN KETAPANG (KAJIAN DIDAKTIS). Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (361kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (482kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai
pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Buku Kumpulan Legenda Pohon Kedondong Raksasa Cerita Rakyat Kabupaten Ketapang (Kajian Didaktis). Adapun tujuan khususnya mendeskripsikan nilai pendidikan karakter religius, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingi tahu, menghargai prestasi, cinta dmai, peduli sosial, dan tanggung jawab dalam buku kumpulan Legenda Pohon Kedondong Raksasa cerita rakyat Kabupaten Ketapang.
Metode penelitian ini dalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah kajian didaktis. Adapun data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipannyang merujuk pada nilai pendidikan karakter dalam
Buku Kumpulan Legenda Pohon Kedondong Raksasa Cerita Rakyat Kabupaten Ketapang. Sumber data penelitian ini adalah Buku Kumpulan Legenda Pohon Kedondong Raksasa yang ditulis ulang oleh Agus Kurniawan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data adalah penulis sendiri/human intrument dan alat pencatat kartu data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Adapun Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori dan ketekunan pengamatan.
Adapun hasil dari penelitian ini terdiri dari sembilan nilai pendidikan karakter yaitu pertama, nilai religius dalam penelitian ini adalah percaya terhadap kepada Tuhan, bersyukur kepada Tuhan dan memohon ampun kepada Tuhan.
Kedua, nilai jujur dalam penelitian ini adalah tidak curang dan berkata apa adanya. Ketiga, nilai kerja keras dalam penelitian ini adalah tidak pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa. Keempat, nilai kreatif dalam penelitian
ini adalah berinovasi baru dan tidak plagiarism. Kelima, nilai rasa ingin tahu dalam penelitian ini adalah selalu ingin bereksplorasi. Keenam, nilai menghargai prestasi dalam penelitian ini adalah memberikan apresiasi. Ketujuh, nilai cinta damai dalam penelitian ini adalah tidak melakukan kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Kedelapan, nilai peduli sosial dalam penelitian ini adalah tolong menolong dan berempati kepada sesama. Kesembilan, Nilai Tanggung
Jawab dalam penelitian ini adalah mengakui kesalahan dan berani mengambil resiko akibat perbuatan, menyelesaikan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya, fokus dan konsisten, dapat mengatur waktu, dan menjalankan instruksi
dengan sebaik-baiknya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dengan semestinya bagi pembaca. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi terhadap penelitian relevan yang akan dilakukan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus ikip pgri
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:07
Last Modified: 27 Jul 2022 01:07
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item
View Item