Search for collections on digilib

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA PELITA NGABANG

ILDA, LUSIANA (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA PELITA NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (331kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (575kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (493kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Pelita Ngabang: (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMA Pelita Ngabang; (2) Aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMA Pelita
Ngabang; (3) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Pelita Ngabang.
Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pelita Ngabang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 66 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B
sebagai kelas control. Teknik analisis data dalam penelitian adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMA Pelita Ngabang sebesar 67% untuk kelas eksperimen berdasarkan kriteria
nilai yang telah ditentukan tergolong baik dan 63% untuk kelas kontrol berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong cukup; (2) Rata-rata aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMA Pelita Ngabang sebesar 68% untuk kelas eksperimen berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong baik dan 64% untuk kelas kontrol berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong cukup; (3) Aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpenganruh terhadap aktivitas belajar siswa dengan hasil -10,029 sedangkan pada penerapan
yang tidak menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan hasil -5,460 Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat Pengaruh Metode pembelajaran Think Pair Share Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Sejarah kelas XI SMA Pelita Ngabang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus ikip pgri
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:08
Last Modified: 27 Jul 2022 01:08
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item
View Item