Search for collections on digilib

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DI SAMBAS PADA MASA PEMERINTAHAN SULTAN KE-15 MUHAMMAD MULIA IBRAHIM TSAFIUDDIN (1931-1943)

THORIQ, IKIP and Dr. Firdaus Mian, M.Pd and Yuver Kusnoto, M.Pd (2015) PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DI SAMBAS PADA MASA PEMERINTAHAN SULTAN KE-15 MUHAMMAD MULIA IBRAHIM TSAFIUDDIN (1931-1943). Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (100kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perkembangan Pendidikan Formal Di
Sambas Pada Masa Pemerintahan Sultan Ke-15 Muhammad Mulia Ibrahim
Tsafiuddin (1931-1943)”. fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1)
Bagaimana pendidikan Islam pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Mulia
Ibrahim Tsafiuddin tahun 1931-1943. 2) Bagaimana pengaruh Belanda terhadap
pendidikan di Sambas pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim
Tsafiuddin 1931-1943. 3) Sistem Pendidikan Madrasah Al-Sultaniyah. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat
Kalimantan Barat, IKIP-PGRI Pontianak dan peneliti terhadap sejarah lokal yang
ada di wilayah Kalimantan Barat.
Dalam penelitian ini, untuk untuk menghindari penyimpangan dari fokus
permasalahan yang diteliti, peneliti menggunakan pembatasan ruang lingkup
penelitian agar tetap pada pokok pembahasan masalah. Penelitian ini adalah
penelitian sejarah, maka peneliti menggunakan metode sejarah yang ditulis
dengan deskriptif analitis dengan langkap atau tahapan, yaitu : 1) Heuristik
(pengumpulan sumber), 2) Kritik sumber, 3) Interpretasi (panafsiran terhadap
fakta-fakta sejarah), 4) Historiografi (penulisan sejarah).dalam penelitian ini
peneliti memperoleh data menggunakan metode sumber primer, sekunder dan
tradisi lisan di dalam heuristik dengan mengggunakan metode sejarah lisan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:22
Last Modified: 25 Apr 2016 08:22
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item