Search for collections on digilib

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X SMA WISUDA PONTIANAK

STEPANUS YUDO, STEPANUS YUDO (2020) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X SMA WISUDA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)

Abstract

iv

ABSTRAK

Stepanus Yudo, 2020. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap
Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Informatika di Kelas X SMA Wisuda Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) motivasi belajar intrinsik,
motivasi belajar ekstrinsik dan hasil belajar siswa mata pelajaran
InformaInformatikaa siswa kelas X SMA Wisuda Pontianak, (2) Pengaruh motivasi
belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA
Wisuda Pontianak, (3) Pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak, (4) Pengaruh
motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik secara bersama-sama
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda
Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Wisuda Pontianak yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di
gunakan adalah sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian.
Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi
dokumenter, dengan angket motivasi dan motivasi belajar ekstrinsik masing-masing
sebanyak 20 pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas
dan uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel,
analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang di gunakan untuk
pengujian hipotesis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi belajar
intrinsik cenderung tinggi, motivasi belajar ekstrinsik cenderung sangat rendah dan
hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak
masuk dalam kategori baik, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap
hasil belajar siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak., (3)
Terdapat pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak, (4) Terdapat pengaruh
motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran Informatika kelas X SMA Wisuda Pontianak.

Kata kunci : motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:31
Last Modified: 14 Dec 2020 06:31
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item
View Item