Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEPSISWA DALAM MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAK SAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL

SUSIYANTI AMILIANA, SUSIYANTI AMILIANA (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEPSISWA DALAM MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAK SAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (478kB)

Abstract

iii

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri
terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa dalam materi
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan lembar kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall, yang terdiri 10 langkah
model pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi
desain, revisi produk ke-2, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, Uji coba
pemakaian/ uji coba produk ke-2, revisi produk ke-2, dan produk akhir. Tetapi
peneliti hanya menggunakan 7 langkah, adapun langkah-langkah yang tidak
digunakan peneliti adalah langkah uji coba pemakaian/uji coba produk ke-2, revisi
produk ke-2, dan produk akhir, alasan peneliti tidak menggunakan 3 langkah
tersebut karena keterbatasan waktu dan biaya.
Penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing
yang memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Lembar kerja siswa
layak digunakan atau valid dengan rata-rata skor penilaian dari validator sebesar
79,58% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan lembar kerja siswa sebesar
71,29% dengan kategori praktis. Hasil keefektifan LKS menggunakan tes essay,
diperoleh 28 siswa (87,5%) yang tuntas dengan mencapai nilai KKM ≥ 75, dan 4
siswa (12,5%) belum mencapai nilai KKM atau belum tuntas.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Pemahaman
Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:10
Last Modified: 14 Dec 2020 05:10
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item
View Item