Search for collections on digilib

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PANGKAT DAN AKAR DI KELAS X SMAI AL-BAYSUNI PONTIANAK

FEBRYAN, FEBRYAN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PANGKAT DAN AKAR DI KELAS X SMAI AL-BAYSUNI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Sripsi ini berjudul : “Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving dengan
Multimedia pada Materi Persamaan Kuadrat bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Syarif
Hidayatullah Pontianak”
Dalam melaksanakan tugas para guru mata pelajaran matematika sering
menghadapi masalah tentang hasil belajar siswa yang belum sesuai dengan yang
diharapkan. Sejalan dengan kenyataan bahwa hasil belajar matematika yang rendah pada
siswa kelas X Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah Pontianak dan pelajaran matematika
sering didominasi oleh peran aktif guru dan siswa cenderung lebih pasif.
Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Multimedia menjadi
alternatif yang dipilih oleh peneliti untuk memperbaiki hasil belajar siswa dan membuat
siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Creative Problem Solving adalah suatu
pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan
masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk, (I) Mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada
kelas kontrol, (2) Mengetahui aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental
Design dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Rancangan ini dapat
digambarkan sebagai berikut :

Kelas Perlakuan Post-test
Eksperimen
Kontrol
X
Y
O

iii
O

Populasi dalam penelitian ini berjumlah dua kelas dan sampel yang digunakan
adalah teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Dalam penelitian ini alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang
berbentuk esai terdiri dari 5 butir soal yang telah disesuaikan dengan RPP dan kisi-kisi
soal, untuk mengetahui aktivitas siswa digunakan lembar pengamatan aktivitas oleh dua
orang pengamat. Alat pengumpul data yang digunakan telah divalidasi oleh tiga orang
validator. Pelaksanaan kegiatan pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 29
Oktober 2009 sampai dengan tanggal 05 November 2009.
Hasil penelitian berdasarkan uji statistik bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran Creative Problem Solving dengan Multimedia pada
materi persamaan kuadrat lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran yang tidak menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving
dengan Multimedia. Aktivitas siswa aktif selama kegiatan belajar mengajar berlangsung
menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving dengan Multimedia pada materi
persamaan kuadrat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:11
Last Modified: 14 Dec 2020 05:11
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item
View Item