Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

MARSELINA, MARSELINA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (489kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Penelitian ini berjudul Penerapan Model “Pembelajaran Problem Solving
Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Melingkar
Beraturan di SMA Negeri 8 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini
adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Penerapan Problem Solving Terhadap
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Melingkar di SMA Negeri 8
Pontianak?”. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui
“Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan di SMA Negeri 8
Pontianak”.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran. Yang
meliputi model pembelajaran Problem Solving. Variabel terikat dalam penelitian
ini adalah Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada materi gerak melingkar
beraturan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental
Desaign. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Grup Pre-test-Posttest
Design.

Berdasarkan hasil analisis data pengetahuan awal siswa pada Pre-test yaitu
rata-rata hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar beraturan yaitu 60
termasuk dalam kategori cukup. Namun setelah diajarkan dengan Model Problem
Solving, rata-rata hasil belajar berubah yaitu 75 termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dengan menggunakan model problem
solving secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan pencapaian
prosentase 75,81%. Hal ini terlihat dari skor keseluruhan aktifitas siswa di setiap
kategori mencapai kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian statistik infrensial,
perhitungan denganmenggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% pada kelas X
MIPA diperoleh thitung= 16,31, N=62 dan ttabel= 1,99 karena thitung>ttabel
maka Ha diterima. Jadi penerapan model problem solving efektif terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar beraturan.
Kesimpulan sebagai berikut : 1) Hasil belajar siswapada materi gerak
melingkar beraturan sebelum diberikan pembelajaran menggunakan model
problem solving berada pada kategori cukup dengan rata-rata 60 dan setelah
diberikan pembelajaran menggunakan model problem solving berada pada
kategori baik dengan rata-rata 75, 2) Aktivitas siswa saat pembelajaran pada
materi gerak melingkar beraturan dengan menggunakan model problem solving
keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan pencapaian prosentase 75,81%. 3)
Perbedaan hasil belajar siswa pada materi gerak melingkar beraturan sebelum dan
setelah diberikan pembelajaran menggunakan model problem solving diperoleh
thitung= 16,31, N=62 dan ttabel= 1,99 karena thitung>ttabel maka Ha diterima.
Jadi penerapan model problem solving efektif terhadap peningkatan hasil belajar
siswa pada materi gerak melingkar beraturan.
Saran yang diajukan peneliti adalah : 1) Karena adanya peningkatan hasil
belajardari penggunaan pengajaran ini maka disarankan kepada guru Fisika
hendaknya lebih mempertimbangkan penggunaan model problem solving, sebagai
salah satu strategi yang perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar, 2) 1.
Diharapkan pada peneliti dibidang pendidikan di masa akan datang agar
melakukan penelitian lebih lanjut tentang model problem solving ini pada materi
dan sampel yang berbeda pula.
iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:12
Last Modified: 14 Dec 2020 05:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item
View Item