Search for collections on digilib

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BELITANG

Martinus Ari, Martinus Ari (2020) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BELITANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 5 RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
5 RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) motivasi belajar intrinsik,
motivasi belajar ekstrinsik dan hasil belajar siswa mata pelajaran Prakarya Kelas VII
siswa SMP Negeri 3 Belitang, (2) Pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang, (3)
Pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang, (4) Pengaruh motivasi belajar intrinsik
dan motivasi belajar ekstrinsik secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3
Belitang yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan
adalah sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Data
penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tak langsung dan studi dokumenter,
dengan angket motivasi dan motivasi belajar ekstrinsik masing-masing sebanyak 20
pernyataan yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji validitas dan uji
reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif yang di gunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel,
analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang di gunakan untuk
pengujian hipotesis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskripsi hasil motivasi belajar
intrinsik cenderung tinggi, motivasi belajar ekstrinsik cenderung sangat rendah dan
hasil belajar siswa mata pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang masuk
dalam kategori baik, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang., (3)
Terdapat pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang, (4) Terdapat pengaruh motivasi
intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran Prakarya Kelas VII SMP Negeri 3 Belitang.

iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:12
Last Modified: 14 Dec 2020 05:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item
View Item