Search for collections on digilib

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 1 PARINDU KABUPATEN SANGGAU

EGIO PARIN AGUSTO, EGIO PARIN AGUSTO (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI KELAS XI TKJ2 SMK NEGERI 1 PARINDU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 8 RINGKASAN SKRIPSI EGIO.pdf] Text
8 RINGKASAN SKRIPSI EGIO.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 14 BAB 1 SKRIPSI EGIO.pdf] Text
14 BAB 1 SKRIPSI EGIO.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 15 BAB 2 SKRIPSI EGIO.pdf] Text
15 BAB 2 SKRIPSI EGIO.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 16 BAB 3 SKRIPSI EGIO.pdf] Text
16 BAB 3 SKRIPSI EGIO.pdf

Download (220kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan
informasi tentang “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan) dalam
mata pelajaran IPS materi sejarah di kelas XI TKJ2 SMKN 1 Parindu Kabupaten
Sanggau”.
Berdasarkan hasil analisis data secara umum dapat disimpulkan bahwa
melalui model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi struktur sosial serta
berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial siswa kelas XI TKJ2 SMK
Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau. Kesimpulan untuk setiap sub masalah penelitian
dapat dijabarkan sebagai berikut : 1) Penerapan model pembelajaran PAKEM
(Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) pada siswa kelas XI TKJ2
SMK Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau dilakukan melalui kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan dua kali pertemuan. (a) Kegiatan
pendahuluan diawali dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,
dilanjutkan dengan berdoa bersama dan mempresensi siswa dan guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (b)
Kegiatan inti meliputi guru menjelaskan garis besar materi pokok sumber daya alam
dalam jaringan, membagikan kertas kepada siswa dan meminta siswa untuk menuliskan
sebuah pertanyaan pada materi struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik
dan mobilitas sosial yang akan didiskusikan didalam kelas. Kertas tersebut kemudian
dikumpulkan, dikocok dan dikembalikan kepada siswa secara acak. Siswa diminta
untuk membaca dan memahami pertanyaan yang ada pada kertas masing-masing. Guru
meminta sukarelawan untuk membacakan pertanyaan yang dia dapat dan
menjawabnya, sementara teman yang lain dapat memberikan pendapat yang lain
maupun melengkapi jawaban siswa sukarelawan. Guru memberikan aplous atau
memberikan apresiasi kepada siswa yang bersedia menjadi sukarelawan dan menjawab
pertanyaan yang tertulis di kertas. Guru melakukan pengamatan terhadap partisipasi
siswa pada pertemuan pertama. (c) Kegiatan penutup dilakukan dengan guru dan siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan apresiasi terhadap
semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran
berlangsung serta melakukan refleksi terhadap seluruh kegiatan belajar mengajar.
Terakhir, guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam. 2) Hasil evaluasi bahwa
dapat diketahui bahwa sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran PAKEM
(Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) pada materi struktur sosial
serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial pada pra siklus diperoleh
nilai rata-rata siswa yaitu 71,51 dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 27 siswa
atau sebesar 71,05% dan siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau sebesar 28,95%,
kemudian setelah diperoleh hasil pra siklus, maka dilanjutkan dengan menerapkan
model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
pada materi struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 80,55 jumlah siswa yang tidak tuntas
sebanyak 11 siswa atau sebesar 28,95% dan jumlah siswa yang tuntas adalah 27 siswa
atau sebesar 71,05%. Selanjutnya penerapan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif,
Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) pada hasil belajar dalam pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 86,73 dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2
siswa atau sebesar 5,3% serta jumlah siswa yang tuntas adalah 36 siswa atau

Ketuntasan Klasikal 94,7% yang mengikuti siklus II. 3). Model pembelajaran PAKEM
(Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dapat meningkatkan hasil
belajar pada materi struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas
sosial kelas XI TKJ2 SMK Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau.
Dari kesimpulan yang dikemukakan dan berdasarkan hasil penelitian yang
telah diuaraikan di atas, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut :1) Saran
untuk sekolah supaya lebih bisa mendukung dan memfasilitasi guru dalam
menggunakan dan mengembangkan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) supaya siswa lebih tertarik pada pembelajaran. 2)
Diharapkan dengan penggunaan modul sebagai sumber belajar dapat diterapkan oleh
guru bidang studi sejarah maupun bidang studi lainnya. Karena dengan menggunakan
model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
sebagai sumber belajar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3) Siswa yang
hendaknya membiasakan diri untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar,
salah satunya dengan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif,
dan Menyenangkan) sebagai sumber belajar dapat merangsang siswa untuk lebih aktif
belajar dirumah dalam mencari materi yang di butuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:08
Last Modified: 14 Dec 2020 05:08
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item
View Item