AGUSTINA DORMAIDA, AGUSTINA DORMAIDA (2020) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Picture Series Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
9 RINGKASAN SKRIPSI AGUSTINA.pdf
Download (83kB)
15 BAB I AGUSTINA.pdf
Download (81kB)
16 BAB II AGUSTINA.pdf
Download (388kB)
17 BAB III AGUSTINA.pdf
Download (247kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Picture
Series terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas Xi IPS
SMA Negeri 1 Jangkang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil
belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang.
Sub masalah dalam penelitian di atas adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana hasil
belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam sebelum diterapkan metode
pembelajaran picture series di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang Kabupaten
Sanggau? 2). Bagaimana hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam setelah
diterapkan metode pembelajaran Picture Series di Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Jangkang Kabupaten Sanggau? 3). Apakah terdapat pengaruh penerapan metode
pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya
Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang kabupaten Sanggau?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen..
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Jangkang Kabupaten Sanggau yang terdiri dari tiga kelas, yaitu Kelas XI IPS1, XI
IPS2, dan XI IPS3. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random
sampling. Sebelum dilakukan pengundian, sediakan kertas untuk menulis nama-nama
setiap kelas. Setelah itu dilakukan pengocokan untuk mendapatkan 2 kelas yang akan
dijadikan sampel. Dari hasil pengocokan tersebut kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol
dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpul data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a). Teknik Pengukuran dan b) Teknik
Dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah : a. Tes hasil belajar posttest dan b) Dokumentasi foto-foto aktivitas subjek
penelitian. Data yang diperoleh dari data hasil belajar dari hasil posttest kemudian
diolah sesuai dengan langkah-langkah analisis data sebagai berikut : nilai rata-rata dan
uji korelasi product moment.
Berdasarkan analisis data dan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan
terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar
siswa pada materi sumber daya alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang
Kabupaten Sanggau. Adapun kesimpulan khusus dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut : 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran
konvensional pada materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang
Kabupaten Sanggau maka dapat dijabarkan dari tes pada kelas kontrol yaitu : jumlah
sampel sebanyak 30 dengan hasil pengolahan data Mean (rata-rata) adalah 73,26,
Median (nilai tengah) 75,00, Mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 75.00,
Range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah instrumen selama
periode tertentu) adalah 25.00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 60.00, nilai
maximum (nilai tertinggi) adalah 85.00 dan Sum (jumlah nilai) adalah 1685,00. 2)
Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran
picture series pada materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Jangkang Kabupaten Sanggau maka dapat dijabarkan dari tes pada kelas eskperimen
yaitu : jumlah sampel sebanyak 23 dengan hasil pengolahan data Mean (rata-rata)
adalah 78,26, Median (nilai tengah) 80.00, Mode (nilai yang sering banyak muncul)
adalah 75.00, Range (selisih antara harga minimum dan maksimum dari sebuah
instrumen selama periode tertentu) adalah 30.00, nilai minimum (nilai terendah) adalah
60.00, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 90.00 dan Sum (jumlah nilai) adalah
1800.00. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran
konvensional dan dengan menggunakan metode pembelajaran picture series pada
materi Sumber Daya Alam di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang kabupaten
Sanggau, diketahui bahwa nilai t
test
penelitian sebesar 2,450 Pada taraf signifikansi 5%
dan d.b 22, diketahui nilai t
tabel
sebesar 2,073. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa nilai t
test
(2,450) > t
tabel
(2,073), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan
hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan data hasil penghitungan dengan teknik statistik
melalui pengaplikasian rumus uji-t, diketahui nilai t
test
(2,450) > t
tabel
(2,073) pada taraf
signifikansi 5% dan d.b. sebesar 22.
Berdasarkan kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang dapat disimpulkan
berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Agar pengunaan metode
pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa berjalan dengan baik. Guru
harus bisa mengkondikan kelas dengan baik. 2). Siswa diharapkan untuk lebih
meningkatkan lagi belajarnya supaya proses pembelajaran geografi berjalan dengan
baik dan meningkatkan kerjasama dalam kelompok. 3). Pembelajaran dengan
menerapkan metode picture series terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru
pendidikan geografi harus menjadikan metode picture series ini sebagai salah satu
pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang
baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 05:08 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 05:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/754 |