Search for collections on digilib

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IX SMPK ABDI WACANA PONTIANAK

OKTAVIANI, YANTI TAMSUR (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IX SMPK ABDI WACANA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. ringkasan.pdf] Text
2. ringkasan.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf

Download (184kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah hubungan
antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IX SMPK Abdi Wacana Pontianak?”. Adapun sub-sub masalah
yang sesuai dengan rumusan masalah penelitian di atas adalah sebagai berikut : 1)
Bagaimanakah motivasi belajar pada siswa kelas IX SMPK Abdi Wacana
Pontianak? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IX SMPK Abdi Wacana Pontianak? 3) Apakah terdapat
hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas IX SMPK Abdi Wacana Pontianak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi
belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas
IX SMPK Abdi Wacana Pontianak. Dari rumusan masalah penelitian yang
diajukan, maka analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah
dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa kesimpulan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMPK Abdi Wacana Pontianak dapat
diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data dengan nilai mean (rata-rata)
adalah 72,38, nilai mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 68,67, nilai
minimum (nilai terendah) adalah 65,33, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah
80,00 dan dapat dijelaskan bahwa tingkat presentase 81 – 100% dengan predikat
sangat baik sebanyak 0 siswa, presentase 71 – 80% dengan predikat baik
sebanyak 7 siswa, presentase 60 – 71% dengan predikat cukup sebanyak 7 siswa,
presentase 51 - 60% dengan predikat kurang sebanyak 0 siswa, presentase <50%.
2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMPK
Abdi Wacana Pontianak sebagai berikut : a) Dapat diketahui ukuran penyebaran
dan pemusatan data dengan nilai mean (rata-rata) pengetahuan adalah 80,78, nilai
mode (nilai yang sering banyak muncul) adalah 83,00, nilai minimum (nilai
terendah) adalah 75,00, nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 83,00, serta dapat
dijelaskan bahwa tingkat hasil belajar berdasarkan nilai pengetahuan dengan
kategori kurang dan interval < 75 sebanyak 0 siswa, tingkat hasil belajar
berdasarkan nilai pengetahuan dengan kategori cukup dan interval 75 - 83
sebanyak 14 siswa, tingkat hasil belajar berdasarkan nilai pengetahuan dengan
kategori baik dan interval 84 – 92 sebanyak 0 siswa, dan tingkat hasil belajar
berdasarkan nilai pengetahuan dengan kategori sangat baik dengan interval 93 –
100 sebanyak 0 siswa. b) Dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data
dengan nilai mean (rata-rata) keterampilan adalah 79,78, nilai mode (nilai yang
sering banyak muncul) adalah 80,00, nilai minimum (nilai terendah) adalah 76,00,
nilai maximum (nilai tertinggi) adalah 83,00 serta dapat dijelaskan bahwa tingkat
hasil belajar berdasarkan nilai keterampilan dengan kategori kurang dan interval <
75 sebanyak 0 siswa, tingkat hasil belajar berdasarkan nilai keterampilan dengan
kategori cukup dan interval 75 - 83 sebanyak 14 siswa, tingkat hasil belajar
berdasarkan nilai keterampilan dengan kategori baik dan interval 84 – 92
sebanyak 0 siswa, dan tingkat hasil belajar berdasarkan nilai keterampilan dengan
kategori sangat baik dengan interval 93 – 100 sebanyak 0 siswa. 3) Terdapat
i
hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas IX SMPK Abdi Wacana Pontianak dengan uji nilai Rhitung
(0.536)
lebih
besar
dari
R-Tabel
(0,532).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disampaikan beberapa saran
sebagai berikut : 1) Bagi siswa bahwa siswa harus meningkatkan motivasinya
dengan dilakukan dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik dan siswa yang memilki
motivasi belajar tinggi akan mendorong untuk tidak mudah patah semangat. Oleh
karena itu siswa harus bisa secara mandiri mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan oleh guru dan mengulang kembali materi pelajaran yang diberikan di
sekolah, sehingga siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh serta
menjadikannya kebiasaan yang dilaksanakan terus menerus dan motivasi belajar
akan muncul dalam diri siswa. 2) Bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan
penelitian dengan variabel bebas lain, sehingga variabel yang mempengaruhi
motivasi belajar dapat teridentifikasi lebih banyak lagi.

ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:25
Last Modified: 24 Nov 2020 03:25
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item
View Item