Search for collections on digilib

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASA PUBERTAS MELALUI LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK

FEBRITA SARI LAURA (2020) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASA PUBERTAS MELALUI LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (499kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Masa Pubertas
Melalui Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 9 Pontianak”. Masalah umum yang di bahas dalam skripsi ini
adalah: “Bagaimanakah meningkatkan pemahaman masa pubertas melalui layanan
informasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9
Pontianak ?”. sub masalahnya adalah “1) Bagaimanakah gambaran pemahaman
masa pubertas kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak? 2)bagaimanakah pelaksanaan
layanan informasi menggunakan media audio visual untuk meningkatkan
pemahaman masa pubertas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak? 3)
apakah layanan informasi menggunakan media audio visual dapat meningkatkan
pemahaman masa pubertas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak?”.

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
masa pubertas melalui layanan informasi menggunakan media audio visual pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini
adalah untuk mengetahui: “1) Gambaran pemahaman masa pubertas siswa kelas
VIII SMP Negeri 9 Pontianak. 2) Pelaksanaan layanan informasi menggunakan
media audio visual untuk meningkatkan pemahaman masa pubertas pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. 3) peningkatan pemahaman masa pubertas
melalui layanan informasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 9 Pontianak”. Variabel dalam penelitian ini adalah masa pubertas dan
layanan informasi menggunakan media audio visual. variabel masalahnya adalah
“masa pubertas”, variabel tindakannya adalah “layanan informasi menggunakan
media audio visual”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan, sedangkan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan bimbingan dan
konseling (PTBK). Subyek penelitiannya adalah SMP Negeri 9 Pontianak siswa
kelas VIII E yang berjumlah 32 orang siswa.

Berdasarkan hasil analisis perolehan data, secara umum dapat disimpulkan
bahwa meningkatkan pemahaman masa pubertas melalui layanan informasi
menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 9
Pontianak telah berjalan dengan “baik”. Secara khusus dapat disampaikan. 1)
Gambaran pemahaman masa pubertas sebelum diberikan layanan informasi
menggunakan media audio visual tergolong “cukup”, hal ini dilihat dari analisis
skala psikologis sebelum diberikan tindakan dengan persentase rata-rata 66%
kategori “cukup”. 2) proses pelaksanan layanan informasi menggunakan media
audio visual dalam meningkatkan pemahaman masa pubertas pada siswa kelas
VIII E SMP Negeri 9 Pontianak dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada pelaksanaan layanan informasi dikatakan
“baik”. 3) terdapat peningktan pemahaman masa pubertas pada siswa kelas VIII E
SMP Negeri 9 Pontianak setelah diberikan layanan informasi menggunakan media
audio visual, dari persentase 66% dengan kategori “cukup” mengalami
peningkatan setelah dilaksanakan tindakan siklus I menjadi 67% dengan kategori
“cukup” dan meningkat sesuai harapan peneliti setelah dilaksanakan tindakan
siklus II dengan persentase 79% dengan kategori “baik”.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan dalam bab IV
maka dapat ditarik kesimpulan, secara umum dapat disimpulkan bahwa
meningkatkan pemahaman masa pubertas melalui layanan informasi
menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 9
Pontianak berhasil dengan “baik”. dari kesimpulan diatas, maka dalam penulisan
ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: 1) siswa bisa lebih memahami
materi yang dijadwalkan terkait masa pubertas serta dapat mengetahui perubahan
serta perkembangan yang terjadi pada masa pubertas, dan selalu bersemangat dan
tidak malu ketika ditanya dan tertarik terhadap apa yang disampaikan. 2) Guru
bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan proses pelaksanaan
kegiatan layanan informasi menggunakan media audio visual. 3) Kepala sekolah
juga perlu mendukung dan menyediakan fasilitas yang lebih memadai proses
pelaksanaan layananan informasi menggunakan media audio visual, karena
kegiatan layanan informasi menggunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 06:53
Last Modified: 18 Sep 2020 06:53
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item
View Item