Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RASAU JAYA

MEGA BUANA SAFITRI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RASAU JAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Mega Buana Safitri (311510096) judul skripsi ini adalah “Pengaruh Model
Pembelajaran Take And Give Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya”. Adapun masalah umum dalam
penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran take and give
di kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya?” dengan sub masalah sebagai berikut. 1)
Bagaimakah hasil belajar siswa kelas XI pada materi menulis teks prosedur
sebelum menggunakan model pembelajaran Take and give ? 2) Bagaimanakah
hasil belajar siswa kelas XI pada materi menulis teks prosedur sesudah
menggunakan model pembelajaran Take and Give? 3) Apakah terdapat pengaruh
hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur dengan menggunakan model
pembelajaran Take and Give? Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur peserta didik dengan
menggunakan model pembelajaran Take and Give. Secara khusus tujuan dalam
penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi menulis
teks prosedur sebelum menggunakan model pembelajaran Take and Give. 2)
Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur sesudah
menggunakan model pembelajaran Take and Give. 3) Mengetahui apakah terdapat
pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis teks prosedur dengan
menggunakan model Take and Give.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel
terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Take And
Give. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya.
Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode
penelitian eksperimen. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan di dalam
penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group
pretest-posttest design yaitu rancangan satu subjek.
Selanjutnya yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya yang berjumlah 211 orang siswa.
Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas
XI IPS-3. Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini
adalah teknik pengukuran dan studi dokumenter sedangkan alat pengumpulan data
yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Mean dan uji-t. Sebelum
menggunakan rumus uji-t dilakukan uji normalitas terlebih dahulu dengan
menggunakan rumus chi-kuadrat.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Take And Give terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa:
1) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis teks prosedur sebelum
diberikan model pembelajaran Take And Give pada siswa kelas XI SMA Negeri 1
Rasau Jaya sebesar 60,96. 2) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis
iii

teks prosedur sesudah diberikan model pembelajaran Take And Give pada siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya sebesar 79,46. 3) terdapat pengaruh model
pembelajaran Take And Give Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya yang diketahui dari hasil uji
hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil t
iv

hitung
= 18,3 > t
= 2, 045.
Beberapa saran yang disimpulkan dari hasil penelitian ini sebagai berikut.
tabel
1) Diharapkan bagi siswa-siswi untuk dapat lebih memahami pengetahuan dan
keterampilan yang sudah diberikan dan memperbanyak sumber referensi untuk
meningkatkan keterampilan menulis. 2) Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya
hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan bahan rujukan
untuk mengadakan penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya dapat
menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan pokok bahasan yang
lain yang belum pernah diteliti agar wawasan ilmu pendidikan semakin
berkembang. 3) Kemudian penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi refleksi
bagi para guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran sehingga dapat
meningkatkan efektivitas belajar siswa selama di dalam kelas serta dapat
meningkatkan kualitas kinerja guru dalam memberikan pembelajaran bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:06
Last Modified: 18 Sep 2020 08:06
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item