Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AMATCHUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI JARINGAN KOMPUTER DI KELAS IX SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG

PILUS (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AMATCHUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI JARINGAN KOMPUTER DI KELAS IX SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A
MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM
MATERI JARINGAN KOMPUTER DI KELAS IX SMP NEGERI 2
SIDING KABUPATEN BENGKAYANG

Oleh:
Pilus
Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
IKIP-PGRI PONTIANAK
Email: piluszabur15@gmail.com

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam
materi jaringan komputer di kelas IX SMP Negeri 2 Siding Kabupaten
Bengkayang bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(classroom action research) yang dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Siding
Tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa
laki-laki dan 24 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
observasi langsung dan teknik pengukuran sedangkan alat yang digunakan adalah
lembar observasi dan tes pemahaman. Proses pembelajaran dianalisis melalui
pengamatan berpedoman pada lembar observasi kegiatan pembelajaran kooperatif
tipe make a match kemudian disajikan kedalam bentuk pernyataan Ya atau Tidak
pada setiap aspek yang dilaksanakan oleh guru sedangkan untuk mengukur
pemahaman siswa peneliti menggunakan tes pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses pembelajaran pada siklus I sebesar
84% kemudian meningkat 100% pada siklus II dengan kategori sangat baik.
Pemahaman siswa sebelum dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe
make a match diperoleh hasil belajar melalui Tes pemahaman siswa diketahui
nilai rata-rata kelas 63,23 dengan porsentase ketuntasan belajar sebesar 38,89%.
Terjadi peningkatan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 64,43 dengan porsentase
ketuntasan belajar sebesar 64,43% kemudian meningkat menjadi 82,92 pada
siklus II dengan porsentase ketuntasan belajar mencapai 100%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif, Make a Match, Pemahaman Siswa,
Jaringan Komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:07
Last Modified: 18 Sep 2020 08:07
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item
View Item