Search for collections on digilib

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLLY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PENGKADAN KABUPATEN KAPUAS HULU

NENNY LESTARY, NENNY LESTARY (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLLY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PENGKADAN KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 7. RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
7. RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (77kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Nenny Lestary (2019) Penelitian ini berjudul, “Upaya Meningkatkn
Keterampilan Passing Bawah Bola Volly Dengan Menggunakan Media
Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1
Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu”.
Pembimbing utama Stephani Yane, M.Pd. dan pembimbing kedua Abdillah,
M.Pd.
Permasalahan Umum dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah upaya
meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan
media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1
Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?”. Sedangkan Permasalahan Khusus dalam
penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran keterampilan
passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual
pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?, 2.
Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly
dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B
SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu?, dan 3. Bagaimana
peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media
pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan
Kabupaten Kapuas Hulu?.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana
upaya meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly dengan
menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP
Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan Khusus dalam penelitian
ini adalah 1. Perencanaan pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly
dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B
SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu, 2. Pelaksanaan pembelajaran
keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran
audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten
Kapuas Hulu, dan 3. Peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan
menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII B SMP
Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu.
Variabel dalam penelitian ini adalah ada dua variabel, yaitu variabel
masalah adalah keterampilan passing bawah bola volly dan variabel tindakan
adalah media pembelajaran audio visual passing bawah bola volly. Bentuk
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class Action Research
atau sering disebut penelitian tindakan kelas. Jenis Penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif
Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP
Negeri 1 Pengkadan Kabupaten yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 8 siswa
putra dan 7 orang siswa putri. Teknik pengumpul data menggunakan teknik
observasi langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data
menggunakan pedoman observasi dan tes passing bawah bola volly. Teknik
analisis data dengan menggunakan rumus persentase.
viii

Hasil Penelitian Dari Berdasarkan analisis data yang diperoleh pra siklus
sebesar 70,67 menjadi 76,73 pada siklus ini, maka siswa mengalami peningkatan
sebesar 6,63%. sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 82,27, jadi
peningkatannya sebesar 31%.
Kesimpulan Berdasarkan pada analisis deskriptif kuantitatif, maka peneliti
dapat mengambil kesimpulan secara umum yaitu: “Upaya Meningkatkan
Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Menggunakan Media
Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan
Kabupaten Kapuas Hulu dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat
peningkatan keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media
pembelajaran audio visual”. Sedangkan kesimpulan secara khusus dalam
penelitian ini adalah sebagai beriikut: 1. Perencanaan pembelajaran keterampilan
passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual
pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu telah
direncanakan dengan baik hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran, 2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan passing
bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada
siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu telah
dilaksanakan setelah pembuatan variasi pembelajaran yang tertera didalam
rencana pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan tersebut disesuaikan dengan
isi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan didukung oleh media audio visual
yang telah disediakan oleh peneliti, dan 3. Terdapat Peningkatan pembelajaran
keterampilan passing bawah bola volly dengan menggunakan media pembelajaran
audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pengkadan Kabupaten
Kapuas Hulu yaitu nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 70,93 menjadi 75,67
pada siklus ini, maka siswa mengalami peningkatan sebesar 6,68%.
Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 83,13, jadi peningkatannya sebesar
31%.
Saran Ada beberapa saran yang perlu disampaikan sehubungan dengan
hasil ini, adalah: Menerapkan pendekatan dengan menggunakan media audio
visual dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bola volly karena siswa
lebih senang dengan adanya media audio visual yang telah guru berikan dengan
berupa video yang berisi pembelajaran keterampilan passing bawah bola volly
yang bervariatif dan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam melakukan proses
pembelajaran, Penerapan media audio visual dapat membuat siswa lebih mudah
memahami gerakan-gerakan dalam keterampilan passing bawah bola volly dari
sikap awal, pelaksanaan gerak, dan gerak lanjutan. Penerapan pembelajaran
dengan media audio visual yang bervariatif dapat digunakan sebagai acuan untuk
refrensi dan penelitian lanjut dalam cabang olahraga dan permainan yang lain.

ix

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:00
Last Modified: 18 Sep 2020 07:00
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item
View Item