Hendi, Fermadi (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGAI BETUNG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
07. RINGKASAN SKRIPSI-dikonversi.pdf
Download (34kB)
10. BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf
Download (130kB)
11. BAB II-dikonversi.pdf
Download (240kB)
12. BAB III-dikonversi.pdf
Download (259kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan berkomunikasi siswa dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun
tertulis serta menimbulkan penghargaan terhadap hasil cipta manusia. Bahasa
Indonesia adalah bahasa nasional atau bahasa negara. Standar kompetensi mata
pelajaran bahasa Indonesia berorientasi pada hakikat pembelajaran bahasa. Belajar
bahasa adalah belajar berkomunikasi, sastra adalah belajar menghargai manusia
dan nilai-nilai kemanusiaannya. Menulis bukan hanya diperlukan dalam
lingkungan pendidikan saja, keterampilan menulis sangat dibutuhkan dalam
kehidupan sosial dan sebagainya. Dengan memiliki keterampilan menulis tersebut
seseorang dapat merekam, mencatat, meyakinkan, melaporkan, memberitahukan,
serta mempengaruhi orang lain. Semua tujuan itu hanya dapat dicapai oleh orangorang yang dapat menyusun pikirannya danmenyampaikannya dengan jelas.
Peneliti memilih menerapkan model pembelajaran PBL karena dapat
melatih dan mengembangkan kemampuan sehingga mampu menyelesaikan
masalah yang berorientasi pada masalah siswa tentang arti pentingnya kerjasama
dalam menemukan hasil yang baru bagi anggota kelasnya. Hal ini sesuai dengan
sifat dan kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Selain itu bila dikaitkan dengan
profesi dalam bidang teknologi informasi yang sering bekerja secara tim, perlu
kiranya dalam pembelajaran diberikan pemahaman tentang arti pentingnya
kerjasama dalam menemukan hasil anggota kelas yang baru. Berdasarkan uraian
di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul implementasi
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan
menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung, untuk melihat
sejauh mana model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh
terhadap keterampilan menulis cerpen siswa.
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan
informasi secara objektif mengenai bagaimanakah implementasi model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis
cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung. Adapun secara khusus
tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimanakah
keterampilan menulis cerpen sebelum diterapkan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung; (2)
bagaimanakah keterampilan menulis cerpen setelah diterapkan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1
Sungai Betung; (3) apakah terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Sungai Betung yang berjumlah 31 siswa.
Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
v
komunikasi langsung dan teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada
penelitian ini adalah lembar observasi dan tes soal keterampilan menulis cerpen.
Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t.
Berdasarkan uji percobaan rata-rata satu pihak diperoleh t-hitung = 10,68
dan t-tabel = 1,697. Karena pada penelitian ini t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan secara signifikan dari keterampilan
menulis cerpen siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL). Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI
SMA Negeri 1 Sungai Betung dimana terdapat peningkatan keterampilan menulis
cerpen setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata keterampilan
menulis cerpen sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung adalah 51,00
berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong kurang; (2) Rata-rata
keterampilan menulis cerpen setelah diterapkan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Betung adalah
74,00 berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong baik; (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan keterampilan menulis cerpen siswa sesudah diterapkan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Sungai Betung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:09 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/656 |