Search for collections on digilib

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU(GEOGRAFI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 JAWAI KABUPATEN SAMBAS

WIWIK, SISKAWATI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU(GEOGRAFI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 JAWAI KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB-IV.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB-V.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksprimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jawai. Sampel penelitian adalah kelas VIII A berjumlah 33 siswa diambil dengan menggunakan teknik purposiv sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang di gunakan adalah tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian di dapat Nilai rata-rata siswa sebelum di terapkan model pembelajaran teknik kepala bernomor adalah 67 dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor a lah 78 hal ini di peroleh dari perhitungan uji-t yaitu t hitung = 3,20 ˃ t = 1,69. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) di terima dan hipotesis nol (Ho) di tolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor pada mata pelajaran IPS pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 29 May 2019 02:32
Last Modified: 29 May 2019 02:32
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item
View Item