SYAHRUR, RAMADHAN and RUSTAM, RUSTAM, M.Pd., Kons and PAIMAN, PAIMAN,M.Pd (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS XI SMA NEGERI 1 TANAH PINOH KABUPATEN MELAWI. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
COVER.pdf
Download (33kB)
ringkasan skripsi baru.pdf
Download (79kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
bab ii new.pdf
Download (209kB)
BAB III new baru.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
BAB IV.pdf
Download (223kB)
BAB V.pdf
Download (11kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul” Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi”.Masalah umum dalam penelitian ini adalah”.Bagaimana Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi?”dengan sub masalah :1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis koperatif tipe student team achievement division(STAD) dalam materi Sumber Daya Alam dikelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi ?2)Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan modelpembelajarankoperatftipe Student Team Achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi..? 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam kelas xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi ?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) dikelas XI SMA Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. selanjutnya tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement division(STAD) dalam materi Sumber Daya Alam dikelas XI Sekolah MenengahAtas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. 2) Mengetahui Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis koperatif tipe Student Team Achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Sumber Daya Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi 3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatiftipeStudent Team Achievement division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya alam kelas xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pree Exsprimental Designsubjek dalam penelitian ini adalah kelas eksprimen XI I jumlah 30 siswa matapelajaranGeografi Materi Sumber Daya Alam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Observasi langsung 2) hasil Belajar 3) Studi Documentar.
Penelitianini dilakukanpretestdanposttest dengan1)Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran koperatif tipe student team achievement division (STAD) dalam materi Sumber Daya Alam yaitu62,67% 2)Mengetahui Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran koperatf tipe Student Team Achivement Division(STAD)yaitu72,6%3)Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajarankoperatif tipe student team achievement division (STAD) dengan nilai Chi Squarediperoleh Thitung ¬= 2,5179dan Ttabel = = 1.699
Kesimpulan secara umum pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif Student Team Achivement Division terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam Kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi mengalami peningkatan dimana siswaaktif dalam mengikuti proses pembelajaraan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:00 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:02 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/610 |