Search for collections on digilib

STUDI KASUS KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KETAPANG

ARDESI, WIDIYANTI and NOVI, WAHYU HIDAYATI, M.Pd and MARTIN, MARTIN, M.Pd (2019) STUDI KASUS KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KETAPANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (2).pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
6. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
7. Bab II.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
8. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
9. Bab IV.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
10. Bab V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif menggunakan prosedur penelitian studi kasus. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah satu subyek kasus. Hasil yang peroleh pada penelitian ini diantaranya ; 1) Gambaran awal kecanduan Game online yang dialami siswa kelas XI SMA Negeri 3 Ketapang ; a) Identifikasi kasus yaitu MA adalah seorang siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Ketapang berusia 16 tahun, b) Diagnosis yaitu Subyek kasus tidak bisa lepas dari kehobiannya bermain Game online, c) Prognosis yaitu bantuan yang akan di berikan adalah dengan menggunakan pendekatan konseling behavioral yang ditemukan oleh Bf. Skiner. 2) Dampak yang ditimbulkan dari kecanduan Game online yang dialami siswa kelas XI SMA Negeri 3 Ketapang yang terlihat pada perilaku konseli selama berada di sekolah, diantaranya; sering terlambat datang ke sekolah, tidur pada saat jam pelajaran berlangsung, sering membolos sekolah, sering berbohong, tidak berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran, kurang bersosialisasi dengan teman di sekolah dan orang tua di rumah. 3) Pelaksanaan layanan konseling individual dalam menangani kecanduan Game online yang dialami siswa kelas XI SMA Negeri 3 Ketapangpelaksanaan kegiatan treatmen ini adalah dilakukan melalui proses konseling individual yaitu ; a) Pembahasan hasil treatmen pertama yang diperoleh ialah siswa sudah dapat menyadari bahwa kegemarannya dalam bermain Game online sudah sampai pada tahap kecanduan. b) Pembahasan hasil treatmen kedua hasil yang diperoleh siswa sudah memahami mengenai tujuan dari konseling individual dan bersedia mengikuti konseling. c) Pembahasan hasil treatmen ketiga kesediaan MA mengikuti kesepakatan berupa kontrak perilaku dengan beberapa kesepakatan diantaranya ; (1) Hasil kesepakatan pertama adalah tidak lagi memperioritaskan bermain Game online saja, (2) Hasil kesepakatan kedua adalah berkomitmen untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar, (3) Hasil kesepakatan ketiga adalah berkomitmen lagi untuk tidak lagi berbohong terhadap orang tua, (4) Hasil kesepakatan keempat adalah berkomitmen untuk terus menyelesaikan tanggung jawab di sekolah adapun penilaian hasil dari konseling tersebut adalah; Konseli memperoleh pemahaman baru terkait tentang permasalahan yang dialaminya, konseli merasa masalah yang dialaminya berkurang dan dapat menentukan sikap terhadap permasalahan yang dihadapi, konseli mempunyai rencana dan komitmen kegiatan yang akan dilaksanakannya dalam mengentaskan masalah yang dihadapinya .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:33
Last Modified: 21 Mar 2019 07:33
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item
View Item