Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWADALAM MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X MA-IKHLAS BERAMAL KECAMATAN TANAH PINOH KABUPATEN MELAWI

MUTIA, INDRIATI and MUHAMAD, FIRDAUS, M.Pd and RAHMAN, HARYADI, M.Pd (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWADALAM MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X MA-IKHLAS BERAMAL KECAMATAN TANAH PINOH KABUPATEN MELAWI. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diberikan model pembelajaran problem based learning; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diberikan model pembelajaran problem based learning; (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara signifikan sesudah diterapkan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk yang digunakan adalah pre-eksperimen design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari 2 kali pertemuan, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA-Ikhlas Beramal Kecamatan Tanah pinoh Kabupaten Melawi sebanyak 3 kelas yaitu X.1, X.2, dan X.3. Pengambilan sampel
menggunakan clutser random sampling untuk memilih kelas eksperimen yaitu kelas X.1 yang terdiri dari 30 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan statistik deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Instrument tersebut dilakukan
validasi dan uji coba terlebih dahulu dan menggunakan 4 soal yang dinyatakan valid.
Hasil dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X MA-Ikhlas Beramal Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi berdasarkan kriteria nilai yang ditentukan tergolong kurang, dengan rata-rata 59,2 dengan standard deviasi 21,391; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning dalam materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X MA-Ikhlas Beramal Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi dengan kriteria nilai yang ditentukan tergolong baik, dengan rata-rata 80,87 dengan standard deviasi 12,238; (3) Terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran problem based learning dalam materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X MAIkhlas Beramal Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi dengan kategori
sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:55
Last Modified: 21 Feb 2019 06:55
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item