TRESIA, DIRA KASMARA and BOHARI, BOHARI, M.Pd and NUNIK, ESTI UTAMI, M.Pd (2019) ANALISIS AKTIVITAS SISWA DALAM BELAJAR KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
cover SKRIPSI.pdf
Download (44kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
BAB II.pdf
Download (185kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
BAB IV.pdf
Download (219kB)
BAB V.pdf
Download (93kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (132kB)
RINGKASAN SKRIPSI TRESIA DIRA KASMARA.pdf
Download (71kB)
Abstract
Analisis Aktivitas Siswa Dalam Belajar Kelompok Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya”. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Sejarah Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia 2019. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar kelompok pada pembelajaran IPS Terpadu d kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya?” dengan fokus penelitian (1) Bagaimanakah perencanaan guru mengajar pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar kelompok pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya? (3) Bagaimanakah faktor-faktor hambatan pada aktivitas siswa dalam belajar kelompok pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sesuai dengan metode maka bentuk penelitiannya adalah Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) observasi langsung, (2) Komunikasi Langsung, (3) Teknik Dokumentasi dan alat pengumpulan data menggunakan (1) Panduan Observasi, (2) Panduan wawancara, (3) Studi Dokumenter. Data yang sudah divalidkan dianalisis menggunakan (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi data (Data Reduction), (3) Penyajian Data (Data Display), (4) Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Guru sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, (2) Sebagian besar siswa aktif baik dari aktivitas melihat, aktivitas lisan, aktivitas menulis, aktivitas mendengar, aktivitas gerak, aktivitas mental, aktivitas emosional, (3) Faktor penghambat yang ada pada aktivitas siswa dalam belajar kelompok pada pembelajaran IPS Terpadu adalah kurangnya semangat siswa jika belajar kelompok dilaksanakan pada siang atau sore hari dikarenakan siswa mengantuk dan kendala lainnya guru sedikit kesulitan dalam menyiapkan media dan metode yang tepat dengan materi yang akan di bahas.
Berdasarkan hasil simpulan penelitian, maka diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) Guru harus bisa lebih meningkatkan persiapan perencanaan pembelajaran agar menjadi lebih baik lagi agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, (2) keaktifan aktivitas siswa bisa lebih ditingkatkan lagi agar menjadi lebih baik lagi dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal, (3) penelitian ini adalah penelitian yang masih memiliki kekurangan. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan bacaan untuk melakukan penelitian serupa yang lebih baik dari ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 05:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 05:14 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/559 |