Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X SMA NEGERI 3 BENGKAYANG

ITA, PURNAMASARI and HANDY, DARMAWAN, ST, M.Pd and ETI, SUKADI, M.Pd (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DI KELAS X SMA NEGERI 3 BENGKAYANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAGIAN I terbaru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAGIAN II TERBARU.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI AKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB VSKRIPSI.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SW.pdf

Download (69kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Laerning) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-Experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sampel yaitu seluruh siswa kelas X-IPA 2 SMA Negeri 3 bengkayang yang berjumlah 35 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji F, uji wilcoxon dan uji Effect Size. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata hasul belajar siswa pretest sebesar 34,64, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa data posttest sebesar 66,67. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh Zhitung (4,587) > Ztabel (0,9998) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang berdasarkan uji Effect Size yaitu sebesar 3,15318 yang termasuk kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 31 Jan 2019 05:08
Last Modified: 31 Jan 2019 05:08
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item
View Item