UPIK, UPIK and AHMAD, JAMALONG, S.Pd, M.Pd and M.ANWAR, RUBEI, M.Pd (2018) IMPLEMENTASI SILA KEEMPAT PANCASILA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP PGRI PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Abstrak.pdf
Download (11kB)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Download (67kB)
B A B 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Download (190kB)
BAB 5 PENUTUP.pdf
Download (12kB)
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf
Download (40kB)
Abstract
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi sila keempat pancasila pada mahasiswa Prodi PPKn IKIP-PGRI Pontianak mencapai persentase 78,71 % dengan kategori “Baik”. Adapun kesimpulan khusus penelitian ini sebagai berikut : (1) wujud pelaksanaan sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian skor aktual 6249 dan skor maksimal ideal 7968, dengan angka persentase sebesar 78,43%. Pencapaian tersebut di dukung oleh aspek variabel dalam penelitian ini yaitu (1) adanya musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan (2) warga negara Indonesia setiap manusia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama; (3) musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur, (4) Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, (5) menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah, (6) mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, (7) Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan, (8) dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
(2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian skor aktual 1591 dan skor maksimal ideal 1992, dengan angka persentase sebesar 79,87%. Pencapaian tersebut di dukung oleh aspek variabel dalam penelitian ini yaitu (1) memlii kesadaran untuk melaksanakan nilai-nilai musyawarah dan kebersamaan dalam kegiatan organisasi dan kegiatan diskusi (2) mengetahui pentingnya sikap demokrasi dalam aspek kehidupan; (3) memahami pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai (4) terlibat aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan diskusi kelas (5) melaksanakan sistem demokrasi yang baik, jujur, adil, transparan, dan bertanggungjawab (6) menggunakan media sosial, internet, dan media lainnya untuk menambah wawasan dan keilmuan nilai-nilai pancasila bertanggungjawab.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dikemukakan beberapa rekomendasi sebagai berikut: (1) Diharapkan bagi program studi untuk memberikan penguatan pancasila dengan melalui program pendidikan karakter dan membudayakan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kampus; (2) diharapkan mahasiswa untuk membiasakan dan membudayakan nilai-nilai demokrasi, nilai musyawarah untuk mufakat dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa lainnya untuk berani mengemukakan pendapat dan arif serta bijak dalam menerima setiap keptusan; (3) diharapkan mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai kerjasama, sikap menghargai, dan sikap mementingkan kepentingan kelompok daripada mendahulukan kepentingan pribadi untuk mencapai sebuah tujuan dan melaksanakan keputusan secara tulus dan bertanggungjawab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 08:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:44 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/541 |