JUMIATI, JUMIATI and DONY, ANDRASMORO, M.Pd and NORSIDI, NORSIDI, M.Pd (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANSCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POROS MARITIM DUNIA KELAS XI IPS MAN 2 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
2. BAB II.pdf
Download (427kB)
R. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
U. BAB V PENUTUP.pdf
Download (12kB)
V. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
K. ABSTRAK.pdf
Download (8kB)
Abstract
Permasalahan umum dalam penelitian ini, yaitu Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak ?. Adapun sub-sub masalahnya meliputi: 1) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak?. 2) Bagaimana peningkatan aktivitas siswadalam pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak?.3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi materi poros maritim duniakelas XI IPS MAN 2 Pontianak?.
Variabel penelitian ini yaitu variabel tindakan dan variabel hasil. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kolaboratif (collaborative action).Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi langsung, pengukuran, dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data yaitu panduan observasi, tes, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN 2 Pontianak kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 38 pada semester ganjil 2018/2019.
Kesimpulan secara umum dari analisis hasil pengolahan data yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui model pembelajaran scramblepada mata pelajaran geografi materi poros maritim dunia kelas XI IPS MAN 2 Pontianak sudah terlaksana dengan baik dan dapat dikatankan berhasil. Kesimpulan secara khusus yaitu sebagai berikut:1) Pelaksanaan model pembelajaran scramble siklus I 64,70% dan siklus II 94,11% penerapannya dilakukan dengan baik berdasarkan ketuntasan belajar lebih dari 80%. 2) Aktivitas siswadalam pelaksanaan model pembelajaran scramblepada siklus I 77,78% dan siklus II 97,22%. 3)Hasil belajar siswamelalui model pembelajaran scramble yaitu dilihat berdasarkan siklus I 15 siswa tuntas dan 21 siswa belum tuntas, nilai tertinggi 90 nilai terendah 50nilai rata-rata 73,94 ketuntasan belelajar 41,67%. Pada siklus II yaitu 31 siswa tuntas nilai tertinggi 100 dan 5 siswa belum tuntas nilai terendah 60 nilai rata-rata 82,63 ketuntasan belajar 86,11%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:26 |
Last Modified: | 28 Jan 2019 04:26 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/532 |