LIA, NOVIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SILAT HILIR. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar
Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada
Materi Lingkaran Dikelas VIII SMP N 2 Silat Hilir”. Masalah umum dalam
penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil
Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Pada Materi Lingkaran Dikelas VIII SMP N 2 Silat Hilir.. Adapun sub
masalahnya adalah:1)Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif
tipe group investigation pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Silat
Hilir ?,2) Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Silat Hilir dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa ?,3)Apakah penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi lingkaran di kelas
VIII SMP Negeri 2 Silat Hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation diterapkan sesuai dengan perencanaan, maka
proses pembelajaran terlaksana dengan baik, serta aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Silat Hilir akan meningkat. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII SMP N 2 Silat Hilir tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah
32 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi.
Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: 1) Proses Pembelajaran
dikatakan berhasil jika apa yang telah direncanakan terlaksana 80% - 100%
disetiap siklus,2)Rata-rata kategori aktivitas siswa tergolong sedang atau tinggi
dan 3) Siswa memperoleh nilai 65,0 untuk tuntas secara individu (KKM = 65,0)
dan terdapat 75% siswa memperoleh nilai 65,0 untuk tuntas klasikal
menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe group investigation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 00:30 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 00:30 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/377 |