SA’ANIAH, IKIP (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI I SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (291kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (393kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (492kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (486kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (536kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (377kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah
Kelas XI SMA Negeri I Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Rumusan Masalah
Penelitian: Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri I
Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu, dan sub masalah penelitiannya adalah; 1)
Bagaimanakah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran
sejarah kelas XI SMA Negeri I Selimbau 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa
sesudah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas
XI SMA Negeri I Selimbau3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa
melalui metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA
Negeri I Selimbau
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (kolaboratif).
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Selimbau
sebanyak 34 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah a) Teknik observasi langsung, b) Teknik Pengukuran, c)
Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi,
tes hasil belajar, dan dokumentsi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Pelaksanaan
pembelajaran sejarah pada pra tindakan sebelum menggunakan metode
cooperative script hanya memperoleh nilai 66,47. 2) Hasil belajar siswa pada
siklus I dengan menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran
sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri I
Selimbau walaupun belum maksima hanya memperoleh nilai 74,41. 3)
Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode cooperative script pada mata
pelajaran sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA
Negeri I Selimbau hanya memperoleh nilai 83,08.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2016 20:39 |
Last Modified: | 02 Oct 2016 20:39 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/373 |