GABRIEL, ESA WARTA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.PDF - Accepted Version
Download (258kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (314kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (288kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (595kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (463kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (504kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (266kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi
mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII
SMP Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Masalah umum dalam penelitian
ini adalah: (1) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sesudah
menggunakan pembelajaran konvensional pada materi mengidentifikasi menu
dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai?.
(2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi
mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII
SMP Negeri 1 Beduai?. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa
antara model kooperatip tipe Think-Pair-Share (TPS) dan pembelajaran
konvensional pada materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak
pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai?
Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Bentuk penelitian ini
adalah Quasi Eksperimental Design, dengan rancangan Posttest Only Control
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1
Beduai yang terdiri dari 4 kelas, yaitu VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D, dan
teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 36 orang dan VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang.
Instrument untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes hasil belajar dengan
bentuk objektif sebanyak 20 soal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 18:52 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 18:52 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/362 |