EVI, TRI PRIHATINI (2016) PAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Sejarah Kelas
XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini
adalah “Bagaimana Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah
“Apakah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model
kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 Madrasah
Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dan bentuk
penelitian tindakan kelas (kolaboratif). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas
XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak sebanyak 37 siswa dan 1 orang
guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah a)teknik
observasi; b)teknik komunikasi tidak langsung; c)teknik dokumenter. Alat
pengumpul data yang digunakan adalah 1)panduan observasi, 2)angket,
3)dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data
kuantitatif.. Indikator kinerja 85% menggunakan hitungan rumus persentase
dengan ketuntasan klasikal.
Berdasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut;
1)Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada
pembelajaran sejarah dapat dilihat dari hasil angket sebesar 60,10% dengan
kategori cukup baik, maka diadakan penelitian tindakan kelas sehingga aktivitas
belajar siswa meningkat.2)Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dari siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan sehinngga dapat
meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dan dalam pelaksanaan
untuk siswa, dimana interaksi antara siswa atau antar guru dan siswa berjalan
dengan lancar sehingga aktivitas belajar siswa meningkat baik. 3)Terdapat
peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw dari Siklus I ke Siklus II sebesar 14,16% dengan masing-masing hasil
angket aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,80%, sedangkan pada siklus
II hasil angket aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 86,96%. Ini
berarti aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak
secara keseluruhan setelah menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw mengalami
peningkatan yang signifikan sehingga aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat
baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 05:38 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 05:38 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/329 |