Search for collections on digilib

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DALAM MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 14 PONTIANAK

MARGARITA, YULITA (2016) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DALAM MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 14 PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF - Accepted Version

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Dalam
Materi Operasi Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak”. Masalah umum dalam
penelitian ini adalah, “Bagaimana kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa
dalam materi operasi pecahan di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak?”. Masalah umum
tersebut dapat dirincikan menjadi sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut: (1) Bagaimana kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa kemampuan
atas dalam materi operasi pecahan di kelas VII SMP Negeri 14 pontianak? (2) Bagaimana
kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa kemampuan menengah dalam
materi operasi pecahan di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak? (3) Bagaimana
kemampuan konseptual matematis siswa kemampuan bawah di dalam materi operasi
pecahan di kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak? Penelitian ini bertujuan untuk
mengexpresikan pemahaman konseptual matematis yang kemampuan siswa pada materi
operasi pecahan di kelas VII SMP N 14 Pontianak. Definisi operasional adalah
pemahaman konseptual matematis yang di maksudkan dalam penelitian ini yaitu sesuai
dengan indicator sebagai berikut: (1) mengenali, contoh dan non contoh dari konsep (2)
mengena li, menafsirkan dan menerapkan tanda- tanda symbol dan visual, (3) kemampuan
memberi alasan .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
bentuk penelitian study kasus. Adapun yang menjad i subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII F SMP N 14 Pontianak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1)
Pemahaman konseptual matematis s iswa dengan hasil tes soal berada di kemampuan atas
berkategori tinggi 15 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa 84 ,02 (2) Pemahaman
konseptual matematis siswa dengan hasil tes soal berada di kemampuan menengah
berkategori sedang paling sedikit 8 orang siswa dengan nilai rat a- rata 65,62 dan (3)
Pemahaman konseptual matematis siswa dengan hasil tes soal berada di kemampuan
bawah berkategori rendah paling banyak 14 orang siswa dengan hasil nilai rata - rata
42,01. Ini menunjukkan bahwa pemahaman konseptual matematis siswa cenderung
terabaikan dikarenakan : (i) penyajian soal yang kurang beragam, sehingga siswa belum
maksimal merepresentasi tentang pemahaman konsep, (ii) pembelajaran guru yang hanya
menekankan penanaman konsep, dan (iii) seringnya mengejar target materi yang
dikarenakan waktu yang mendekati ujian sekolah telah dekat sehingga guru tidak
mempunyai waktu yang banyak untuk menumbuhkan pemahaman konseptual matematis
siswa.
Pemahaman konseptual matematis siswa kemampuan atas siswa mampu
menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau merepresentasikan
pemahaman konseptual matematis pada operasi pecaha dengan tepat.
Kemampuan pemahaman konseptual matematis s iswa masih kurang mampu
menyatakan apa yang ditanyakan dalam soal dengan bahasa sendiri dikarenakan siswa
lemah dalam mengungkapkan pemahamanya, sehingga siswa sulit merepresentasikan
pemahaman konseptualnya se rta salah dalam mengerjakannya dalam operasi pecahan.
Kemampuan pemahaman konseptual matematis kemampuan bawah pemahaman
konseptualnya yaitu tidak mampu menyatakan apa yang ditanyakan dalam soal dengan
bahasa sendiri disebabkan siswa tersebut mengalami kesulitan dalam merepresentasikan
pengetahuannya dan tidak dapat menjawab sama sekali

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:59
Last Modified: 21 Sep 2016 01:59
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item
View Item