SYECH, YUNDA ULANDARI (2016) ANALISIS PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM UPAYA MEMBIMBING SISWA MENGHADAPI OLIMPIADE DI SMA NEGERI 3 SINTANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (368kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (398kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (521kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (532kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (307kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul : Analisis Peranan Kepala Sekolah dan Guru Dalam
Upaya Membimbing Siswa Menghadapi Olimpiade SMA Negeri 3 Sintang
Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2016/2017” Tujuan dalam penelitian ini yakni
untuk mengetahui 1) Persiapan yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam
membimbing siswa menghadapi olimpiade di SMA N 3 Sintang 2)Kendala yang
dihadapi guru dan siswa dalam persiapan menghadapi olimpiade di SMA N 3
Sintang 3) Hasil usaha kepala sekolah dan guru dalam membimbing siswa
menghadapi olimpiade Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
belakang SMA Negeri 3 Sintang, subjek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru pembimbing dan siswa yang terlibat dalam olimpiade dan objek
penelitian adalah Analisis Peranan Kepala Sekolah dan Guru Dalam Upaya
Membimbing SIswa Menghadapi Olimpiade di SMA Negeri 3 Sintang, Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumenter.
Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi
pokok bahasan, kemudian dipahami dan data tersebut dapat ditarik kesimpulan
berupa 1) Persiapan yang dilakukan kepala sekolah dalam menghadapi Olimpiade
Geografi kan Kebumian yaitu dengan memberikan kepercayaan penuh dengan
guru pembimbing, selain itu juga kepala sekolah tidak lupa memberikan motivasi
penuh kepada guru agar tetap semangat membimbing siswa hingga mendapatkan
hasil yang memuaskan. Begitu pula dengan persiapan yang dilakukan oleh guru
pembimbing yang menjadi salah satu tokoh penting dalam kesuksesan Olimpiade
Geografi dan Kebumian. Guru pembimbing melakukan strategi khusus dalam
membimbing siswa dan membuat kegiatan pembimbingan bukan menjadi sebuah
beban 2)Kendala yang dihadapi guru adalah sulitnya membagi waktu
membimbing peserta olimpiade Geografi dan Kebumian dengan aktivitas belajar
mengajar di kelas sebagai tenaga pengajar, menyebabkan kurangnya penguasaan
materi secara maksimal terutama pada soal-soal yang mempunyai tingkat
kesulitan yang tinggi. Sehingga kedepannya diperlukan waktu yang tepat untuk
lebih memahami materi dan menyelesaikan soal-soal. Sedangkan kendala yang
dihadapi oleh siswa adalah kendala yang dirasakannya yaitu kurang memahami
soal-soal saat olimpiade dengan pemilihan opsi jawaban sebagai pengecohnya
yang mendekati jawabannya 3)Hasil usaha kepala sekolah dan guru selama
beberapa tahun kebelakang sudah cukup baik dalam membimbing peserta
olimpiade.Hal ini dapat dilihat selama beberapa tahun antara 2008-2015 selalu
menduduki 3 besar, walaupun pada tahun ini prestasi olimpiade Geografi dan
Kebumian sangatlah jauh dari perkiraan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 09:33 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 09:33 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/292 |