Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VII A SMPN 01 SIMPANG DUA KABUPATEN KETAPANG

SALVINUS, APONG (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VII A SMPN 01 SIMPANG DUA KABUPATEN KETAPANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGAKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (372kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (380kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (404kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (421kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (660kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Mata Pelajaran Geografi Kelas VII A SMPN 01 Simpang Dua Kabupaten
Ketapang”. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Apakah penerapan model pembelajaran kooperative tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi di kelas VII A Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Simpang Dua?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran
kooperatif di kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Simpang Dua
Kabupaten Ketapang. Variabel yang diteliti meliputi pembelajaran kooperatif dan
hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan (Action Research) dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Simpang Dua Tahun Ajaran 2015/2016,
dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Pada penelitian ini, data diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil
belajar siswa. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data yang
berhubungan dengan proses penerapan model pembelajaran kooperatif, dan tes
hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis
data dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningatan hasil belajar
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I proses penerapan model pembelajaran
kooperatif memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,17, dan meningkat pada siklus II
menjadi 3,31. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I,terdapat 13 siswa
sudah mencapai KKM (44,82%) dan 16 siswa belum mencapai KKM (55,17%),
dengan nilai rata-rata kelas 69,31. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami
peningkatan yang cukup baik yaitu terdapat 25 siswa sudah mencapai KKM
(86,20%) dan 4 masih belum mencapai KKM (13,79%), dengan nilai rata-rata kelas
76,20 dan ketuntasan secara klasikalnya mencapai 86,20%. Dalam penelitian ini
dapat diambil sebuah kesimpulam bahwa dengan mengunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII A
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Simpang Dua Kabupaten Ketapang.Hal ini
dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada siklus I dengan persentase ketuntasan
44,82% kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II diperoleh persentase
ketuntasan 86,20%, dengan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar
41,38 %. Mengacu pada kesimpulan penelitian ini, ada beberapa saran yang dapat
disampaikan yaitu sebagai berikut:(1) Penelitian ini diharapkan dapat digunakan
dan dikembangkan oleh peneliti-peneliti lainnya, terutama untuk pengembangan
pembelajaran di kelas.(2) Untuk guru bidang studi, penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi untuk pemilihan model pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2016 03:43
Last Modified: 09 Sep 2016 03:43
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item