RUDI, MUSTAKIM (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU SOFTWARE LIVEWIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM OHM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.PDF - Accepted Version
Download (311kB)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version
Download (118kB)
BAB I.PDF - Accepted Version
Download (144kB)
BAB II.PDF - Accepted Version
Download (186kB)
BAB III.PDF - Accepted Version
Download (719kB)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (847kB)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB)
Abstract
Fisika pada dasarnya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang sangat
menarik, ditunjang lagi dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat saat ini
semakin menempatkan fisika menjadi satu diantara mata pelajaran yang sangat
penting. Belajar fisika akan menyenangkan kalau memahami keindahannya,
mengetahui manfaatnya, atau merasa tertantang oleh fenomena alam yang belum
difahami. Oleh karena itu, guru perlu merancang media pembelajaran dan suatu
pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan efektif agar siswa belajar lebih
rileks dan aktif, sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar fisika
terutama pada materi Hukum Ohm. Satu diantara cara yang dapat digunakan
adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini berjudul
“Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Software Livewire terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Materi Hukum Ohm di Kelas X SMA Negeri 1 Semparuk
Kabupaten Sambas”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah
penerapan metode demonstrasi berbantu Software Livewire terhadap hasil belajar
siswa pada materi Hukum Ohm di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk?”. Secara
khusus masalah yang diteliti yaitu: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa yang
diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi berbantu Software Livewire
dan konvensional pada materi Hukum Ohm di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk?,
2) Apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi
berbantu Software Livewire lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan metode pembelajaran konvensional pada materi Hukum Ohm di kelas X
SMA Negeri 1 Semparuk?, 3) Bagaimanakah motivasi belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran dengan metode demonstrasi berbantu Software
Livewire pada materi Hukum Ohm di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi
berbantu Software Livewire terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Ohm
di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode
demonstrasi berbantu Software Livewire dan konvensional pada materi Hukum
Ohm di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk, 2) Hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan metode demnstrasi berbantu Software Livewire lebih baik atau tidak lebih
baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran
konvensional pada materi Hukum Ohm di kelas X SMA Negeri 1 Semparuk, 3)
Motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan metode
demonstrasi berbantu Software Livewire pada materi Hukum Ohm di kelas X
SMA Negeri 1 Semparuk. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design dengan rancangan penelitian adalah Post-test Only
Nonequivalent Control Group Design
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:37 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:37 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/264 |