Search for collections on Repositori Universitas PGRI Pontianak

MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI PADA SISWA SLB DHARMA ASIH PONTIANAK

AGUSTINA, ADETYA (2024) MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI PADA SISWA SLB DHARMA ASIH PONTIANAK. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (301kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK
Model Pembelajran Aktivitas Jasmani Pada Siswa
SLB Dharma asih Pontianak
ADETYA AGUSTINA1
Program Studi Pendidikan Jasmani
E-mail:adetyaagustina20@gmail.com
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran aktivitas
jasmani khususnya untuk siswa dengan kebutuhan khusus (ABK) Tunawicara di
SLB Dharma Asih, Kota Pontianak. Berdasarkan wawancara dan observasi,
disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran aktivitas jasmani di SLB
Dharma Asih masih memerlukan variasi gerakan. Kurangnya model permainan
dalam pengembangan pembelajaran aktivitas jasmani mendorong peneliti untuk
mengembangkan pembelajaran gerakan aktivitas jasmani, fokus pada
meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam aspek jasmani bagi siswa SLB
Dharma Asih. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
R&D (Research and Development), dengan menggunakan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi ahli
materi menunjukkan bahwa model pembelajaran aktivitas jasmani berbasis
permainan ini layak digunakan dengan perbaikan sesuai saran, dengan nilai
persentase validasi ahli materi sebesar 96%. Uji coba pada guru SLB-B Dharma
Asih Pontianak menunjukkan hasil yang baik, dengan kategori "Baik" pada uji
coba skala besar (86,6%) dan uji coba skala kecil (88%).Berdasarkan hasil
penelitian, model pembelajaran aktivitas jasmani ini layak digunakan sebagai alat
bantu dalam pembelajaran di sekolah. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan model pembelajaran aktivitas jasmani dengan pendekatan ADDIE
telah berhasil, dengan rata-rata persentase dari ahli materi dan respon guru sebesar
90,2%, dikategorikan sebagai "sangat baik."
Kata kunci : Model Pembelajaran, Aktivitas Jasmani,Tunawicara

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Tesis
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 12 Dec 2025 09:20
Last Modified: 12 Dec 2025 09:20
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item
View Item