YOLENA, YOLENA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 PARINDU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![RINGKASAN SKRIPSI.pdf [thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (153kB)
![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB)
![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (221kB)
![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (228kB)
![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB)
![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.upgripnk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah upaya peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu?”. Dengan sub masalah sebagai berikut 1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model flipped classroom pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu?. 2) Bagaimanakah hasil pembelajaran pada materi menulis cerpen dengan menggunakan model
flipped classroom pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu?.
Secara umum tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejelasan mengenai 1) Untuk
mengetahui proses keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu. 2) Untuk mengetahui hasil penerapan model flipped classroom pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel hasil dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada
siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu. Metode yang digunakan dalam penelitian adala metode deskritif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil dari pengolahan dan analisis data penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu, dengan rincian sebagai berikut: 1) Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model
Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu pada saat pra siklus dengan rata-rata sebesar 61,14%. 2) Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu pada saat siklus I dengan rata-rata
66,53%. 3) Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu pada saat siklus II dengan rata-rata 79,33%. Sebagaimana hasil observasi yang dilakukan selama Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I dan siklus II bahwa dengan model pembelajaran flipped classroom dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi menulis cerpen, peserta didik aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, peserta didik menerima pembelajaran dengan lebih
semangat. Dengan demikian materi menulis cerpen Menggunakan model pembelajaran flipped classroom Pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Parindu dinyatakan “meningkat”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 08:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:16 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2392 |