Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU

PERON, PERONIKA (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (328kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (437kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan rancangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Borg dan Gall Menurut Borg dan Gali yang terdiri dari 7 langkah yang dilaksanakan diantaranya. (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Adapun subjek penelitian adalah kelas VII berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah komunikasi tak langsung dan teknik pengukuran. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk teknik analisis data yang ada dalam penelitian ini berupa kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
yang sudah dipaparkan sebelumnya, secara umum dapat disimpulkan bahwa booklet layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat kevalidan booklet mencapai
kriteria sangat valid dengan kevalidan media mecapai 86,66% dan kevalidan materi mencapai 86,98%. Tingkat kepraktisan booklet mencapai kriteria sangat praktis melalui angket respon guru yang mencapai 95,2% dan angket respon siswa mencapai 92,7%. Tingkat keefektifan booklet mencapai kruteria efektif melalui hasil posttest yang mencapai 62,5%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2372

Actions (login required)

View Item
View Item