CLARISSA, ESTHER (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI INDISIPLINER SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK & RINGKASAN ESTHER.pdf - Published Version
Download (129kB)
BAB I ESTHER.pdf - Published Version
Download (73kB)
BAB II ESTHER.pdf - Published Version
Download (260kB)
BAB III ESTHER.pdf - Published Version
Download (153kB)
BAB IV ESTHER.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
BAB V ESTHER.pdf - Published Version
Download (121kB)
DAPUS ESTHER.pdf - Published Version
Download (118kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi indisipliner siswa kelas VIII di SMPN 2 Pontianak, dengan fokus penelitian peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi indisipliner siswa kelas VIII di SMPN 2 Pontianak dan sub fokus penelitian faktor-faktor penyebab indisipliner siswa serta bentuk kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi indisipliner siswa.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan dan verifikasi. Validasi data penelitian ini yaitu menggunakan triagulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab indisipliner siswa kelas VIII dari dalam yaitu postur badan siswa yang besar akan merasa pakaian mereka terlalu ketat sehingga lebih nyaman mereka mengeluarkan baju, sedangkan faktor dari luar yaitu kurang perhatian orang tua, keterbatasan ekonomi, dan teman sebaya dapat mendorong individu untuk mengikuti perilaku yang salah dari teman-temannya. Selain itu bentuk kegiatan guru BK yaitu bimbingan klasikal dan konseling individual. Guru BK juga berkolaborasi dengan waka kesiswaan, staf guru-guru serta orang tua siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap perilaku anaknya. Dengan menggabungkan pendekatan ini, guru BK dapat memberikan dukungan yang menyeluruh dan terfokus kepada siswa dalam mengatasi indisipliner.
Kata Kunci: Indisipline, kolabarasi, konseling, klasikal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 08:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 08:22 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2349 |