PARAMITA, CICI (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (347kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (473kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (657kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (635kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (336kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tipe Example Non Example Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Pontianak”. Fokus pada penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Example Non Example Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Akutansi SMK Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan 1) Bagaimanakah Sebelum Penggunaan Metode Example Non Example Pada Mata Pembelajaran Sejarah 2) Bagaimanakah Pelaksanaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Example Non Example Pada Mata Pembelajaran Sejarah? 3) Apakah Ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tipe Example Non Example Pada Mata Pembelajaran Sejarah?.
Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian berada di SMK Muhammadiyah 1, Jalan Komodor Yos Sudarso, Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kode Pos (78113). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akutansi SMK Muhammadiyah 1 Pontianak. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) Teknik Observasi Langsung 2) Studi Dokumenter 3) komunikasi Langsung 4) Komunikasi Tidak Langsung. Adapun alat pengumpulan data berupa lembar observasi, dokumentasi, wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif pada
Rumusan masalah I dan II dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data serta Verifikasi/penarikan kesimpulan, dan pada rumusan masalah III menggunakan teknik analisis kuantitatif (statistik).
Berdasarkan hasil analisis data yang telah disajikan, maka dapat ditarik kesimpulan secara umum bahwa 1) Sebelum penggunaan metode Example Non Example nilai siswa masih tergolong rendah pada siklus satu dikarenakan siswa tidak terlalu fokus dalam pembalajaran, namun disaat menggunakan metode Tipe Example Non Example siswa lebih fokus dikarenakan metode ini belum dipakai disekolah ini serta menampilkan banyak gambar yang ternyata bisa membuat siswa lebih tertarik sehingga dapat fokus dalam pembelajaran. 2)
pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan metode Example Non Example dilaksanakan dan diterapkan setiap kali pertemuan (2x45 menit). Pada Penelitian Tindakan Kelas ini,
peneliti bertindak sebagai kolaborator dikelas XI akutansi SMK Muhammadiyah 1 Pontianak yang beranggotakan 25 orang siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. 3) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Example Non Example pada mata pembelajaran sejarah
mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pra Tindakan, siklus 1 dan siklus 2.
Kata Kunci: Example Non Example, Penelitian Tindakan kelas, Analisis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 10:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 10:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2332 |