MERI, MERI (2024) PENERAPAN MODEL GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DIKELAS Xl IPS 1 SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (243kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (465kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (436kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (411kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah”Penerapan model Guided Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten sanggau dengan penerapan model guided teaching pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan“. Dengan sub-sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perencanaan penerapan model Guided Teaching pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau ?. 2) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan model Guided Teaching pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau?. 3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Guided Teacing pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kewarganegaraan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau?
Penelitian ini menggunkan metodologi penelitian yang terdiri dari metode dan bentuk penelitian, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk desain Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang berjumlah 28 siswa.
Hasil penelitian yang didapat selama pelaksanaan penelitian dapat di simpulkan secara umum bahwa penerapan model Guided Teaching pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, dengan rincian sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa yang diperoleh pada pratindakan dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau di kategorikan kurang atau belum mencapai KKM, dengan rata-rata yang diperoleh pada
pratindakan adalah 57,14% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 28,5%. 2) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau di kategorikan cukup, dengan rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 65,8% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 46,5%. 3) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II. di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau dikategorikan baik dengan
rata-rata yang diperoleh pada pratindakan adalah 84,2% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 82,14%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:18 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 08:18 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2322 |