Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN

Andani, Valentina Dona (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK DONA.pdf] Text
ABSTRAK DONA.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of BAB I DONA.pdf] Text
BAB I DONA.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of BAB II DONA.pdf] Text
BAB II DONA.pdf - Published Version

Download (462kB)
[thumbnail of BAB III DONA.pdf] Text
BAB III DONA.pdf - Published Version

Download (451kB)
[thumbnail of BAB IV DONA.pdf] Text
BAB IV DONA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V DONA.pdf] Text
BAB V DONA.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DONA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DONA.pdf - Published Version

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode Penlitian dan Pengembangan digunakan sebagai metode penelitian. Sugiyono 2017:26 menyatakan, “metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan rancangan produk baru, menguji efektivitas produk yang sudah ada, serta mengembangkan dan menciptakan produk untuk digunakan dalam pekerjaan sehingga pekerjaan akan lebih mudah, cepat, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pekerjaan. Branch (2009:17) mengembangkan produk sebagai desain pembelajaran dengan menggunakan metode ADDIE yang merupakan
singkatan dari Analysis, Desain, Development, mplementation, dan Evalution. Media pembelajaran berbasis Android pada mata Pelajaran Informatika dalam materi Dampak Sosial Informatika telah teruji kelayakannya oleh ahli media dan mencapai rata – rata keseluruhan sebesar 93% dengan kategori “Sangat
Layak”. Hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 83% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil respon siswa uji skala kecil sebesar 95% dengan kategori “Sangat Baik”, dan hasil respon siswa skala besar diperoleh sebesar 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan. Peneliti merancang media pembelajaran berdasrkan hasil pada tahap analisis.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Kelayakan, Informatika, Dampak Sosial Informatika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:18
Last Modified: 01 Mar 2024 08:18
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item
View Item