Search for collections on digilib

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGABANG KABUPATEN LANDAK

YUYUN, YUYUN (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGABANG KABUPATEN LANDAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI YUYUN.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI YUYUN.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of BAB I YUYUN.pdf] Text
BAB I YUYUN.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of BAB II YUYUN.pdf] Text
BAB II YUYUN.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of BAB III YUYUN.pdf] Text
BAB III YUYUN.pdf - Published Version

Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV YUYUN.pdf] Text
BAB IV YUYUN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[thumbnail of BAB V YUYUN.pdf] Text
BAB V YUYUN.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA YUYUN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA YUYUN.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran PPKn Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak”. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi nilai-nilai anti korupsi pada siswa/siswi SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak, adapun tujuan khusus penelitian ini. 1) Untuk mengetahui nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. 4) Untuk mengetahui cara mengatasi faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. Nilai-nilai anti korupsi merupakan faktor pendukung dalam mencegah terjadinya pelanggaran korupsi dilingkungan sekolah. Berikut bentuk-bentuk nilai-nilai anti korupsi adalah jujur, tangung jawab, disiplin, sederhana, mandiri,
kerja keras, adil, berani, dan peduli. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PPKn. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter. Dengan pengumpulan data melalui panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pada hasil penelitian dan pembahasan peneliti memulai dengan persiapan penelitian dengan penyusunan dan perancangan alat pengumpulan data dan pelaksanaan penelitian dengan mengali penerapan nilai�nilai anti korupsi berupa faktor yang mendukung, menghambat implementasi anti korupsi serta cara mengatasi faktor yang mempengaruhi implementasi anti korupsi di sekolah SMA Negeri 1 Ngabang. Deskripsi hasil penelitian yang dilakukan selama 1 bulan merupakan rumusan keseluruhan dari sumber yang
diperoleh oleh peneliti selama kegiatan penelitian berlangsung, yang melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 12 narasumber yang ditemui langsung di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ngabang.
Adapun temuan peneliti tentang implementasi nilai-nilai anti korupsi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ngabang sebagai berikut : Nilai jujur, Nilai tanggung jawab, Nilai disiplin, Nilai sederhana, Nilai mandiri, Nilai kerja keras, Nilai adil, Nilai berani, Nilai peduli, peneliti uraikan bahwa dalam proses penerapan nilai-nilai anti korupsi perlunya komitemen dalam diri individu untuk mengimplementasikan nilai-nilai anti korupsi serta adanya edukasi sejak dini
secara berkesinambungan, cara mengatasinya sebagai berikut : 1) Memiliki teladan yang baik sebagai guru pengajar dengan memberikan contoh disiplin waktu berpenampilan yang tidak mencolok dengan rapi sesuai peraturan tata tertib sekolah. 2) Adanya motivasi dalam diri individu dlam menerapkan nilai-nilai anti korupsi pada peserta didik. 3) Memberikan inspirasi yang membangun karakter untuk menerapkan nilai-nilai anti korupsi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:58
Last Modified: 29 Feb 2024 07:58
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item
View Item